Mesin Percetakan Dari China? Beli Baru atau Bekas?

Apakah kalian butuh rekomendasi dalam memilih mesin percetakan? Beli mesin baru atau beli second? Naahh diakui atau tidak ini adalah sebuah kenyataan bahwa mesin cina bukan lagi hal asing bagi percetakan, bahkan sebelum ini kita sudah mengenal bahkan menggunakannya. Sekarang lihatlah perkembangan mesin-mesin Cina, mungkin sudah ada di meja kerja kita brosur-brosur dan penawaran tentang harga mulai dari pelat cetak, master paper, film, plate maker, mesin cetak dari ukuran folio sampai ukuran plano, mesin-mesin finishing (komplit/ lipat/ lem/ jahit dll)

Gambar: Mesin Finishing telson

Beli mesin Cina ? Wah.. jangan deh, tidak kuat, jelek, rewel, service / sparepartnya gimana? Dijual lagi tidak laku, teknisinya sulit dihubungi, lebih baik beli mesin second sudah pasti bandelnya. Bagaimana kita menyikapi ini semua? telson akan memberikan beberapa tips memilih Mesin Percetakan :

  1. Refrensi

Carilah refrensi dari teman, rekan bisnis yang pernah membeli produk alat/mesin cina. Tanyakan bagaimana selama menggunakan mesin dari cina tersebut apakah memiliki banyak kendala, bagaimana pelayanan service/teknisi, sparepart selalu tersedia atau tidak. Refrensi dari pengguna mesin  cina ini penting, sebab kesan dari orang lain bisa kalian jadikan acuan untuk membeli mesin tersebut.

Refrensi untuk membeli produk dapat kalian kunjungi di web Telson.id, di website kami banyak informasi tentang mesin cina khususnya finishing dan testimoni dari pengguna mesin kami.

2. Demo Produk

Mintalah demo produk yang biasanya telson lakukan pada saat pameran mesin percetakan secara gratis agar lebih jelas terhadap mesin cina yang ditawarkan, karena setelah mendapat refrensi yang cukup kalian juga perlu bukti dengan demo produk. Hadirkan juga dalam demo tersebut operator atau teknisi yang terpercaya dan handal pada bidangnya.

3. Jaminan Purna Jual

Dapatkan purna jual berupa garansi sparepart dan garansi service selama jangka waktu tertentu. Telson memberi garansi selama 1 tahun untuk pelanggan mesin telson. Garansi tidak termasuk sparepart namun ketersediaan sparepart terjamin dengan support langsung dari pabrik. Pelanggan yang membeli mesin telson, akan tetap mendapat pelayanan service mesin dari teknisi kami dengan pemanggilan teknisi yang cepat dan tidak memakan waktu lama.

4. Harga

Harga adalah alasan untuk berinvestasi pada alat/mesin cina. Mesin cina memiliki harga setengah atau lebih dari mesin jepang/jerman. bahkan setara dengan harga second. Alasan inilah yang biasanya digunakan untuk investasi mesin baru dibanding dengan mesin second karena lebih terjamin atas adanya garansi service dan sparepart. telson berorientasi pada pemilihan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bukan berorientasi pada harga murah.

5. Analisis Perbandingan Persaingan

Lakukan analsis perbandingan dengan mesin ex-negara lain nya atau merek lainnya atau bahkan mesin second-hand, bandingkan positif dan negatif atas 4 faktor diatas. Kemudian saatnyalah untuk mengambil keputusan.

Jenis-jenis Mesin Finishing Percetakan

  • Mesin Potong Kertas (Paper Cutter)

Gambar: Mesin Potong Kertas

Mesin Potong Kertas digunakan untuk memotong kertas agar sesuai dengan ukuran yang dikehendaki baik sebelum maupun setelah selesai proses produksi cetak.

  • Mesin Lem Panas (Glue Book Binding)

Gambar: Mesin Jilid

Mesin Lem Panas (book binding machine/ binder) digunakan untuk melekatkan cover buku dengan isi buku (halaman) secara otomatis dengan menggunakan lem panas, dimana lem tersebut harus dipanaskan dulu sebelumnya. Lem panas tersebut cepat kering (sekitar kurang lebih 20 detik) sehingga bisa langsung menjadi sebuah buku.

  • Mesin Lipat Kertas (Folding Machine)

Gambar: Mesin Lipat

Berfungsi untuk melipat kertas yang telah selesai dicetak, dan terbagi atas 2 tipe:

  • Mesin Lipat Dua mata (2 kali lipatan), biasa digunakan untuk melipat brosur atau majalah ukuran besar.
  • Mesin Lipat Empat mata (empat kali lipatan), biasa digunakan untuk buku-buku pelajaran, buku untuk umum, dan sejenisnya.

 

  • Mesin Cacah (Perforasi / Perforator)

Gambar: Mesin Creasing Perforasi

Mesin Perforator/ pencacah digunakan untuk membuat lubang-lubang kecil yang membentuk garis pada hasil cetakan (disebut dengan perforasi) dengan tujuan untuk mempermudah penyobekan.

  • Mesin Pond (Puncher)

Gambar: Mesin Punch

Mesin Pond digunakan sebagai alat untuk memotong dan membuat rel berdasarkan motif bentuk yang akan dibuat. Biasanya digunakan pada kartu undangan, kartu ucapan, berbagai macam bentuk dus/kemasan, dan sebagainya.

  • Mesin Jahit Kawat dan Benang

Gambar: Mesin Jahit Kawat

Mesin Jahit Kawat digunakan untuk menjilid (jahit, staples) bagian tengah buku dengan menggunakan kawat atau benang.

  • Mesin Poly (Hot Stamping / Hotprint)

Gambar: Mesin Hotprint

Mesin Poly atau Hot print digunakan untuk menghasilkan efek tulisan emas-perak (mengkilat) pada kartu undangan, kartu nama, sertifikat, ijazah, dan lain-lain.

Itu tadi adalah beberapa jenis mesin percetakan dan masih banyak lagi. Demikian Tips memilih mesin percetakan untuk kalian yang akan memulai bisnis usaha dibidang percetakan, semoga artikel ini dapat membantu menambah informasi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *