Tips Membuat Brosur yang Menarik dengan 5 Cara !

Impact-Of-Fold-flayer-brosur

Dalam berbisnis, promosi merupakan faktor terpenting untuk kesuksesan. Promosi adalah upaya menawarkan atau memberitahukan produk atau jasa pada calon konsumen untuk membeli atau menkonsumsinya untuk dengan harapan dapat menaikkan angka penjualan produsen.

Bisnis tak bisa lepas dari aktivitas promosi dan promosi butuh media agar bisa tersampaikan. Media promosi saat ini sangat beragam, mulai dari TV, digital seperti web atau sosial media sampai manual seperti poster. Setiap media promosi memiliki kelebihannya masing-masing, terutama cakupan wilayah pemasaran. Untuk kepentingan nasional TV mungkin menjadi media terbaik, untuk target internasional website bisa menjadi pilihan, sedangkan jika targetnya untuk area tertentu saja, poster atau flayer adalah pilihan efektif untuk promosi.

Gambar: Contoh Brosur

Flayer atau lebih dikenal dengan brosur adalah sarana yang cukup efektif dan masih digunakan hingga sekarang untuk menarik perhatian konsumen tentang suatu produk atau jasa. Brosur biasanya berisikan informasi  singkat mengenai suatu produk atau berbagai promosi menarik yang ditawarkan. Karena masih banyak yang menggunakan, otomatis flayer atau brosur harus didesain dengan menarik dan efektif, agar brosur tersebut dibaca orang dan tidak terbuang sia-sia.

Seorang pebisnis pasti paham bahwa brosur adalah sarana promosi efektif karena harganya yang murah dibanding marketing lainnya. Namun saat membuat brosur seringkali hanya berfokus pada foto, gambar dan elemen desain lainnya, tapi pesan dan informasi yang diberikan dibrosur tersebut tidak menarik.

TUJUAN FLAYER/BROSUR

Tujuan utama brosur/flayer adalah memberi informasi, dan informasi yang disampaikan bisa berupa banyak hal seperti informasi produk, kontak perusahaan atau bahkan rayuan untuk meningkatkan minat membeli suatu produk.

Desain brosur yang cukup ramai atau banyak tulisan justru akan mengaburkan informasi yang ingin disampaikan ke pembaca. Brosur biasanya di bagikan di tempat yang ramai sesuai targetnya, misal brosur makanan, brosur umroh atau brosur laundry harus disebarkan sesuai target. Namun terkadang hanya dilihat bagian covernya saja, oleh sebab itu sangat dianjurkan membuat brosur yang to the point atau Singkat, Padat dan Jelas.

Lantas bagaimana cara membuat brosur/flayer yang tepat? Sebelum membuat flyer yang menarik ada beberapa tahap yang harus kalian rencanakan terlebih dahulu,dan inilah tahap-tahapnya.yaitu; 

  • Target Audience

Gambar: Target Audience

Sebelum membuat flayer/brosur ini adalah tahapan inti atau menjadi akar dari pembuatan brosur. Kalian harus mengetahui target yang diharapan konsumen yaitu target audience. Buatlah riset atau analisa dan beberapa kreasi untuk mengetahui keinginan konsumen dari produk kalian dan dapatkan tanggapan mereka agar dapat membeli produk kalian.

  • Key Message

Gambar: Key Massage

Tahapan selanjutnya ini setelah target audience menjadi patokan utama pada pembuatan brosur yang menarik. Ini berupa beberapa kata yang singkat dan padat namun mengandung arti yang cukup banyak.

  • Call To Action

Gambar: Call to Action

Cara Call To Action ini adalah untuk memanggil customer/memproduksi produk kalian,seperti “kunjungi website kami”, “pesan sekarang juga”, “telepon sekarang” dan mencantumkan beberapa detail penting seperti lokasi, website, sosial media dan kontak bisnis kalian.

  • Good Focal Point

Gambar: Good Focal Point

Ini cara untuk membuat brosur kalian menarik seperti memberi font yang bagus, warna yang menarik dan juga desain foto yang profesional serta background unik agar pembaca meluangkan waktu membaca isi brosur tersebut.

  • Impact Of Fold

Gambar: Impact Of Fold

Ini adalah salah satu cara yang paling umum, yaitu lipatan. Lipatan juga dapat memberi dampak yang berpengaruh pada brosur agar terlihat menarik atau tidak. Telson.id merekomendasikan mesin Lipat brosur secara otomatis. Lipatan brosur akna menyortir informasi pada brosur agar memudahkan pembaca melihat dan mendapatkan tanggapan mereka. Mesin lipat brosur memiliki banyak jenis lipatan yang bisa digunakan sesuai keinginan (klik disini).

Dan itu saja kawan kawan dari pembahasan tentang bagaimana membuat flyer yang menarik. Semoga bermanfaat untuk ide promosi usaha kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *