Tips Membeli Mesin Laminating Dengan Harga Murah

mesin-laminating

Mesin Laminating

Anda tentu memerlukan mesin laminating yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mesin laminasi.

  • Perhatikan Kapasitas Ketebalan dan Lebar Laminasi

Saat ini, terdapat beragam tipe dan jenis mesin yang beredar di pasaran. Terlepas dari perbedaan merek, umumnya mesin laminating juga kerap dibedakan berdasarkan tebal dan lebarnya hasil pengerjaan.

Jika tujuan Anda untuk menjangkau konsumen yang banyak, maka mesin berukuran lebih lebar sebaiknya Anda pilih. Sedikit tips, pilihlah mesin dengan ukuran lebar menjangkau A3+, jika memungkinkan Anda pun dapat memilih mesin laminasi yang mempunyai ukuran lebar A4 dan A3.

Jangan lupa, perhatikan juga ketebalan hasil laminasi yang dapat dikerjakan mesin. Tingkat ketebalan ini tentu memiliki pengaruh pada jenis mesin pilihan Anda. Misalkan, mesin laminasi sheet mempunyai ketebalan lebih tinggi dibandingkan laminasi roll.

  • Menentukan Jenis Mesin

Mesin laminasi juga dapat dibedakan dari cara kerjanya. Terdapat dua jenis mesin yang bisa dipilih, yaitu mesin laminating panas atau dingin.

Mesin laminasi panas biasanya menggunakan metode laminasi thermal. Artinya, Anda dapat menggunakan mesin untuk bahan plastik, baik yang sudah maupun belum mengandung lem.

Sedangkan mesin laminating dingin umumnya memakai bahan adhesive yang telah dicampur bahan pelarut seperti air. Adhesive awalnya dilapiskan terlebih dahulu pada permukaan plastik, kemudian dilapiskan kembali pada objek atau media yang akan dilaminating.

  • Membaca Testimoni dan Review Produk

Jika Anda telah menentukan produk mana yang akan dibeli, sebaiknya lakukan pencarian informasi terkait mesin tersebut. Salah satu cara yang banyak digunakan kebanyakan orang adalah dengan membaca testimoni atau review dari para pengguna produk serupa sebelumnya.

Apalagi jika kenalan Anda ada yang sempat atau masih menggunakan mesin serupa. Tanyakan secara langsung kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Anda juga dapat membandingkan produk mesin laminating satu dengan mesin lainnya guna mendapatkan yang terbaik.

  • Sesuaikan Dengan Budget

Sama halnya jenis usaha lain, modal pun menjadi salah satu hal wajib jika ingin membuka usaha laminating. Jika Anda merupakan orang yang baru terjun dalam bisnis ini, diperlukan sejumlah modal untuk mendapatkan mesin berkualitas dan bertahan lama. Meski demikian, perhatikan pula kondisi budget Anda agar rencana usaha tertarget lebih jelas.

Agar bisnis atau usaha Anda berjalan mulus, perlu penghitungan matang dalam berbagai aspek, tak terkecuali usaha laminating. Jangan sampai Anda membeli mesin yang harganya jauh diatas budget. Hal ini jelas akan mempengaruhi kondisi keuangan usaha Anda.

Anda dapat menyesuaikan produk mana yang lebih cocok dengan usaha dan budget. Saat ini banyak mesin laminating yang dapat Anda pilih mulai dari harga 300 ribuan hingga ratusan juta rupiah.

 

Fitur-Fitur Mesin Laminating

Beda produk atau merek, berbeda pula fitur yang bisa didapatkan dari mesin laminasi. Beberapa fitur pada mesin memang sengaja dibuat untuk membantu proses pengerjaannya.

Berikut ini adalah beragam fitur mesin yang mungkin bisa dijadikan referensi Anda dalam memilih produk:

  1. Pengatur suhu

Pada dasarnya, mesin laminating memberikan suhu panas guna melelehkan plastik sehingga objek yang dilaminasi lengket. Akan tetapi, suhu yang tak sesuai bisa menyebabkan kendala tak terduga. Misalnya, suhu terlalu panas dapat membuat paper jam, dimana media yang telah selesai dikerjakan ketika sudah dingin akan mengalami penyusutan.

Salah satu fitur untuk mengatasinya adalah dengan mesin yang mempunyai fitur pengatur suhu. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa merek mesin dengan harga terjangkau kini sudah dibekali dengan fitur pengatur suhu.

  1. Jam Realease Button

Pada poin sebelumnya sudah sedikit dijelaskan tentang paper jam bukan? Ya, selain mengalami penyusutan pada hasil pengerjaan, paper jam juga membuat objek atau dokumen yang hendak dilaminating tersangkut pada roller.

Apa yang akan Anda lakukan jika dokumen tersangkut pada roll? Menariknya secara paksa dan membuat dokumen penting rusak? Jelas Anda tidak mau hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu, Anda dapat memilih mesin yang memiliki fitur Jam Realease Button.

Fitur Jam Realease Button ini dapat dikatakan sebagai fitur darurat saat melakukan proses laminasi. Jika terjadi paper jam, secara otomatis dokumen akan segera dikeluarkan.

  1. Warm up time

Warm up time adalah waktu yang diperlukan mesin untuk mencapai suhu panas ketika baru dinyalakan. Anda tidak ingin menunggu berjam-berjam agar mesinnya panas bukan? Oleh sebab itu, pilih mesin yang memiliki fitur warm up time atau waktu pemanasan yang lebih cepat.

 

Cara Merawat Mesin Laminating

Tak sedikit para pelaku usaha bidang percetakan lebih memilih mempertahankan mesin produksi untuk melakukan proses kerja. Salah satunya adalah mesin laminating, dengan perawatan yang tepat, mesin tentu bisa bertahan lebih lama alias awet.

Jika mesin laminating mengalami kerusakan, meskipun tak signikfikan tapi cukup merugikan usaha Anda dalam bidang percetakan. Apalagi jika proses perbaikan memakan waktu yang terbilang lama, tentu membuat proses usaha Anda sedikit terhambat.

Oleh sebab itu, sebelum mesin mengalami kerusakan alangkah baiknya Anda memperhatikan beberapa tips cara merawat mesin laminating berikut ini:

  • Merawat Mesin Supaya Tidak Lengket

Ketika melakukan laminating, suhu atau temperatur panas rol pada mesin bisa mencairkan perekat yang ada pada kantong laminating. Perekat tersebut akan dileburkan saat laminating dilakukan, sehingga terdapat kemungkinan cukup besar keluarnya cairan dari kantong laminasi di rol mesin.

Hal tersebut jelas merupakan salah satu gangguan yang mesti dihindari guna memberikan hasil terbaik untuk konsumen maupun kualitas mesin. Oleh sebab itu, solusi  yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan item pada carrier.

  • Merawat Mesin Supaya Tidak Macet

Mesin laminasi yang macet kerap dirasakan para pelaku usaha. Hal ini juga menjadi salah satu problem yang terbilang mengesalkan karena dapat terjadi berulang kali.

Untuk mencegah terjadinya kemacetan pada mesin, Anda dapat melakukan pengecekan pada mesin laminasi. Cukup gunakan carrier ketika Anda hendak melakukan proses pengerjaan. Cara tersebut diklaim sangat baik guna mencegah terjadinya kemacetan pada mesin.

  • Lakukan Checking Pada Mesin

Sama seperti mesin-mesin pada umumnya, masin laminating juga memerlukan pengecekan atau pengontrolan secara rutin. Pastikan bahwa kabel pada mesin benar-benar dalam kondisi yang baik. Jika terdapat beberapa kabel yang kurang kencang atau bermasalah, segera perbaiki hal tersebut sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah memberikan dampak pada komponen mesin lainnya.

Selain itu, sebelum menggunakan mesin, pastikan juga bahwa keadaan unit mesin kering dan bersih. Panasnya suhu mesin tentu dapat membakar beberapa jenis kotoran yang masuk kedalam unit tertentu, termasuk air. Adanya air dalam mesin bisa berpotensi terjadinya arus pendek listrik.

 

Laminasi Glossy dan Doff

Beralih ke hasil pencetakan, perlu Anda ketahui bahwa laminasi merupakan proses pelapisan pada lempengan tipis seperti kertas yang dilakukan pada kedua sisinya. Adapun hasilnya yang memiliki efek mengkilap dan tidak sama sekali.

Anda tentu sudah pernah melihat kertas hasil cetakan yang mengkilap, ada juga yang terlihat biasa saja. Hal itu ternyata disebabkan oleh proses laminating yang digunakan para pelaku usaha bidang percetakan.

Umumnya, terdapat dua jenis laminasi yang selalu digunakan pada saat pencetakan, yakni laminasi glossy dan doff. Kedua jenis ini memiliki perbedaan yang sangat menonjol, terutama pada efek hasil cetakan.

Supaya lebih jelas, simak ulasan berikut:

  1. Laminasi Glossy

Sesuai namanya, laminasi glossy akan menghasilkan cetakan dengan efek mengkilau karena banyaknya pemantulan cahaya. Selain itu, penggunaan laminasi ini juga membuat permukaan kertas menjadi lebih licin.

Laminasi glossy kerap digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti brosur, undangan, kartu nama, poster, dan leafleat. Efek yang ditimbulkan glossy membuat hasil cetakan laminasi terlihat lebih mewah dan menarik.

Glossy laminating biasanya dapat dengan mudah ditemukan pada toko-toko percetakan printer foto inject. Pada saat mencetak foto, tidak diperbolehkan memegangnya ketika baru selesai dicetak seolah menjadi aturan tak terlihat.

Hal tersebut bertujuan agar hasil cetakan lebih maksimal. Laminasi glossy memang cenderung lebih mudah kotor dan rusak saat baru dicetak, termasuk rentan terhadap sidik jari. Anda baru boleh memegangnya beberapa menit setelah benar-benar kering.

  1. Laminasi Doff

Berbanding terbalik dari glossy, laminasi doff terlihat lebih biasa karena tidak memiliki efek mengkilap. Pemakaian laminasi doff sendiri pada dasarnya bertujuan untuk melindungi objek atau dokumen. Oleh sebab itu, doff memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan glossy.

Untuk penggunaannya, laminasi doff juga bisa digunakan untuk pembuatan undangan pernikahan dan kartu nama. Meski lebih mengutamakan daya tahan, hasil cetakan laminasi ini tetap terlihat bagus.

 

Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik

Bingung mau beli mesin laminasi dimana? Tak perlu khawati, salah satu perusahaan digital printing di Indonesia, TELSON hadir menawarkan berbagai macam peralatan percetakan, mulai dari mesin finishing, mesin cetak, mesin offset, dan lain sebagainya.

Bukan itu saja, belanja di TELSON juga memungkinkan Anda untuk membeli spare part atau suku cadang yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan mesin. Tak heran jika TELSON diklaim sebagai salah satu supplier dan distributor digital printing terbesar di tanah air.

Butuh mesin laminasi yang lebih ekonomis dengan fitur lengkap? Anda sudah berada di tempat yang tepat

Banyak produk mesin percetakan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Selain fitur dan kualitas terbaik, disini juga Anda akan mendapatkan harga yang lebih ekonomis.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi pilihan produk yang mungkin cocok dan sesuai kebutuhan Anda.

  1. Mesin Laminating ML 375 WGK

Mesin laminasi tipe ini ditujukan untuk Anda yang ingin melaminasi kertas menggunakan plastik atau film sehingga dokumen terlindungi dari berbagai kerusakan seperti debu, sobek, tinta memudar, anti air, dan lain-lain.

Mesin Cetak

  1. Mesin Laminating ML 390

Sama hal ML 375 WGK, mesin ini memiliki tujuan dan fungsi yang tak jauh berbeda, yakni membuat dokumen bertahan lebih tahan lama dan terhidar dari berbagai kerusakan. Namun, ML 390 memiliki cost produksi yang sedikit lebih unggul dibandingkan ML 375. Selain itu, mesin ini juga dibekali dengan tiga buah heater lamp yang berfungsi untuk mempercepat panas roll.

Mesin Cetak

  1. Mesin Laminating ML 720 PO PLUS

Mesin laminasi ML 720 PO Plus memiliki kecepatan produksi yang jauh lebih cepat, yakni 0-30 meter per menit. 720 PO Plus juga dibekali dengan input kertas overlaping serta cutting otomatis 4 sisi. Produk ini sangat direkomendasikan terutama untuk Anda yang menggeluti usaha di bidang percetakan maupun untuk keperluan perusahaan.

Jual mesin laminating harga murah. Garansi service dan uang kembali. Syarat dan ketentuan berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *