Tiga Jenis Mesin Plastik Laminating

Mesin Plastik Laminating

Jenis Mesin Plastik Laminating

Mesin plastik laminating atau laminasi adalah sebuah proses sederhana untuk melindungi suatu media dengan melapisi permukaan tersebut dengan bahan berupa plastik lembaran tipis khusus yang terbuat dari bahan polypropylene, polyester, atau nylon. Laminating bertujuan untuk melindungi media seperti Kartu, Piagam, KTP, KK, AKTE, SIUP, Cover Buku, Poster, Daftar Menu, dan Produk Percetakan lainnya sehingga menjadi lebih awet, lebih mengkilap, tahan gores, dan mencegah terjadinya kotor, basah, dan rusak. Mesin laminating sendiri terbagi menjadi beberapa jenis atau temperatur diantaranya adalah Panas, Dingin dan Panas Dingin.

Masing-masing temperatur diatas memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kerja. Berikut akan kami jelaskan lebih detail mengenai perbedaan mesin plastik laminating panas, mesin plastik laminating dingin dan mesin plastik laminating Hot & Cold (panas dan dingin) :

1.Mesin Plastik laminating Panas

Mesin ini merupakan mesin laminasi yang menggunakan pemanas yaitu metode thermal laminating pada proses laminasinya. Dalam melaminasi, penggunaan jenis plastik laminating harus didasarkan pada kecocokan dengan media yang ingin dilaminasi. Dalam dunia percetakan, bahan yang digunakan adalah bahan polypropylene dengan jenis glossy(mengkilap) atau doff(silky). Bahan ini memiliki harga yang tidak begitu mahal dan banyak tersedia dipasaran. Untuk bahan ini mengandung lem/perekat. Dalam penggunaan bahan ini, membutuhkan proses penempelan dengan suhu 90 – 120 derajat celcius, tapi tergantung pada jenis plastik yang digunakan. Proses pemanasan ini bertujuan untuk melelehkan bagian lem kering pada plastik laminating agar dapat menempel pada media yang ingin dilaminasi. Berikut keunggulan dan kekurangan mesin laminating panas :

Kelebihan Mesin Plastik Laminating Panas

  • Menggunakan mesin laminating panas memang terkenal memililki kualitas yang sangat bagus. Karena mesin laminasi yang memiliki panas akan mengepress plastik sangat kuat sehingga hasil tempelan akan semakin erat.
  • Bahan yang digunakan mesin laminating panas mudah dicari dan dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan mesin laminating Panas
Mesin laminating panas memiliki harga yang relatif lebih mahal dari pada mesin laminasi dingin. Hal ini memang terbukti dengan kualitas mesin laminating panas.

2.Mesin Plastik laminating Dingin

Mesin ini bisa disebut dengan “Metode Wet” adalah mesin laminasi yang digunakan tanpa adanya pemanas. Biasanya digunakan untuk laminasi dingin atau sticker transparan. Selain itu laminasi dingin cocok digunakan untuk laminasi dokumen pada perusahaan, perkantoran atau instansi lainnya yang tidak membutuhkan proses laminasi secara massal.

Kelebihan mesin ini dilihat dari harga yang relatif lebih terjangkau dari mesin laminating panas. Sedangkan Kekurangannya  adalah daya perekat pada proses press plastik kurang bagus karena tidak memiliki pemanas, sehingga kurang cocok untuk digunakan pada laminasi Undangan, ID Card dll.

3.Mesin plastik laminating Panas dan Dingin

Mesin laminating panas dan dingin ini merupakan mesin yang paling laris dijual di pasaran karena memiliki dua fungsi yang terdapat dalam mesin laminating yaitu metode panas dan metode dingin. Untuk type Mesin Plastik Laminating ini sangat sering dijumpai dipasaran, karena Mesin Laminating ini sering digunakan di Copy Center, Sekolah, Kantor, maupun Rumah. Mesin Laminating tidak membutuhkan tempat yang besar sehingga menjadikan Mesin Laminating ini mudah ditempatkan dimana saja.

Keunggulan lain dari Mesin Laminating ini adalah selain mempunyai harga yang tidak terlalu mahal, Mesin Laminating ini juga mempunyai Watt yang tidak terlalu besar dibanding dengan Mesin Laminating Panas (Thermall Laminating). Selain dari itu juga, yang digunakan pada mesin ini juga beragam ukuran dan type, mulai dari ukuran KTP, A4, F4, dan A3 untuk jenis Plastik Laminating Panas. Jadi bagi anda yang mempunyai budget terbatas dan ingin membuka usaha kecil-kecilan dirumah, Mesin plastik Laminating Hot & Cold ini bisa menjadi pilihan anda, selain harga yang tidak terlalu mahal, bisa menggunakan beragam pilihan plastik laminating.

Kelebihan mesin plastik laminating Panas dan Dingin :

  • Desain mesin yang tidak memuat banyak ruang
    Desain mesin laminasi Panas dan Dingin pada umumnya memiliki ukuran yang standard atau kecil, sehingga tidak memakan banyak tempat.
  • Terdapat dua metode yaitu pemanas dan pendingin dalam satu mesin
    Mesin laminating panas dan dingin sangat efektif dan efisien karena memiliki dual fungsi dalam satu mesin. Sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Bisa melaminasi ukuran kecil seperti KTP, atau dokumen dengan ukuran A3, A4, F4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *