Sejarah Dan Proses Dari Cara Cetak Xerography

Sejarah-Mesin-Fotocopy-xerox

Apakah kalian ingin mengetahui sejarah mesin fotocopy ? Mesin fotocopy sudah tidak asing lagi bagi kita karena sudah banyak digunakan tidak hanya didunia perkantoran, percetakan tapi juga kedalam dunia akademis dan kehidupan sehari-hari. Bahkan diera digital yang dapat menduplikasi dokumen secara digital, mesin fotocopy tetap dibutuhkan.

Dalam perkembangannya mesin fotocopy sudah digunakan untuk melakukan scanning kemudian dikonversi dokumen ke dalam bentuk PDF atau menduplikasi dengan tinta berwarna.

SEJARAH MESIN FOTOCOPY

Gambar: Sejarah Mesin Fotocopy

Teknologi modern awal yang digunakan secara luas pada mesin fotocopy disebut dengan Xerography yang dikenalkan oleh Xerox pada tahun 1959. Xerography adalah sebuah teknik fotocopy. Basis dari xerography ditemukan oleh fisikawan asal amerika yaitu Chester Carlson pada 6 Oktober 1942. Teknik ini awalnya dinamakan dengan electrophotography, pada ujungnya dinamakan dengan Xerography. Dalam artian yunani “Xero” berarti kering dan Graphy berarti grafis/tulisan,karena proses ini tidak menggunakan cairan berbasis kimia seperti tinta dan perekat pada metode cetak lainnya.

Sejak saat itu hingga sekarang xerography (xerografi) menjadi teknologi standar pada sebagian besan mesin fotocopy. Teknologi xerography secara prinsip adalah menggunakan photoceptor yang sensitif terhadap cahaya lalu kemudian di ekstrak dan mentransfer partikel-partikel dokumen ke atas kertas baru dalam bentuk menduplikasi dari dokumen yang difotocopy. Partikel-partikel atau toner tersebut kemudian disatukan diatas kertas dengan menggunakan tekanan dan panas, karena itulah kertas yang keluar dari mesin fotocopy selalu terasa panas.

Xerography (xerografi) yang dikembangkan oleh xerox ini kemudian digunakan secara luas, bahkan perusahaan-perusahaan kertas memproduksi kertas yang sesuai dengan teknologi xerography (xerografi) sebagai standar spesifikasinya. Kelebihan teknologi xerography (xerografi) adalah:

  1. Dapat menggunakan kertas yang belum diproses
  2. Memungkinkan untuk menduplikasi dokumen pada kedua sisi kertas
  3. Dapat melakukan pemindaian beberapa kertas secara otomatis

FAKTA UNIK MESIN FOTOCOPY

Gambar: Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy memiliki sejarah dan berkembang cukup panjang. Fungsinya yang sampai sekarang belum tergantikan meski era digital sekarang sudah canggih. Setelah mengenal dan mengetahui sejarahnya, ini adalah beberapa fakta keunikan dari mesin fotocopy:

  1. Sekitar 20% panggilan service mesin fotocopy diseluruh dunia adalah karena mesin fotocopy diduduki pada bagian kaca untuk memfotocopy pantat, hal ini dapat merusak sistem didalamnya.
  2. Pada akhir tahun 50-an, xerox corporation mengirim 7 mesin fotocopy berwarna pada disney yang kemudian digunakan untuk memproduksi film 101 Dalmantis.
  3. Istilah Xerography berarti “menulis dengan kering” diberikan untuk menggantikan nama electrophotography dengan alasan marketing.
  4. Sebelum mesin fotocopy ditemukan oleh Chester Carlos, manusia menduplikasi dokumen dengan menggunakan tulisan tangan atau menggunakan kertas karbon.

Proses dari xerography ini dalam fotocopy yaitu :

  • Charging

Proses ini adalah dimana proses untuk menghidupi sebuah gendang untuk menggerakkannya atau photoreceptor yang akan dialiri dengan -600 volts untuk menghasilkan image hitam ke putih dan putih ke hitam dari hasil kutub negatif dan positif.

  • Exposure

Dokumen atau kertas yang ingin dicopy akan diterangi oleh cahaya lampu pada dasar piringan dimana cahaya, lalu akan melewati kertas yang akan dicopy dan akan kembali ke posisi startnya. Ini dimana gambar akan diproyeksi ke gendang yang bergerak.

  • Development

Pada proses ini gendang akan diberi toner untuk pada proses jalannya kertas akan diberikan warna dan gambaran yang jelas.

  • Transfer

Proses ini adalah proses akhir dimana kertas akan melewati gendang dan kertas akan diberi gambar dengan kombinasi dari penarikan elektrostatis dan tekanan yang digabungkan dengan panas.

Itu dia adalah sedikit penjelasan tentang sejarah, fakta keunikan dan prosees dari fotocopy. Bila kalian membutuhkan mesin percetakan untuk usaha maupun perorangan silahkan kunjungi kami Maxipro.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat