Mengapa Era Digital Tetap Membutuhkan Promosi Cetak

Di masa kini media sosial dan sistem digital telah dikembangkan, tidak selalu semuanya telah ketinggalan zaman. Masih ada beberapa hal dan cara lama yang masih bisa digunakan dan dapat beradaptasi dengan waktu. Salah satunya pengguna materi cetak ditengah gempuran perkembangan digital.

Harus kita akui materi cetak masih menjadi hal penting bagi pemasar dan pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis di era digital. Bahkan cara yang dianggap umum ini masih sangat membantu banyak pihak dalam menjangkau pelanggan, karena di beberapa daerah dan beberapa negara ada peraturan bahwa media sosial tidak dapat diakses. Kondisi semacam ini jelas pemasaran dengan cara lama yaitu promosi cetak masih menjadi peran penting.

Gambar: Strategi Marketing

Telson merangkum ada 3 alasan mengapa materi cetak masih dibutuhkan di era digital;

  • Strategi Pemasaran

Banyak ahli marketing percaya bahwa strategi pemasaran yang produktif harus mengkombinasikan antara pemasaran online dan media cetak agar efektif mendorong pelanggan menggunakan lebih banyak produk dan layanan. Setiap masa berubah, perilaku pelanggan juga akan berubah seiring waktu, tidak semua orang memainkan internet dan media sosial di era digital. Oleh karena itu akan sulit jika hanya menggantungkan sistem pemasaran online untuk menggantikan pencetakan karena tidak semua bisa didigitalisasi.

Seperti contoh, lembaga atau instansi menggunakan amplop atau buku cetak untuk mempromosikan brand lembaga agar menarik siswa. Brand lembaga yang tercetak membuat siswa merasa istimewa dan dihargai. Tidak ada satu perusahaan yang menggunakan iklan digital dalam tiap promosinya. Jadi sangat penting pemasar harus menganalisis strategi pemasaran untuk mengetahui kebutuhan pelanggan atau target pemasaran.

  • Teknologi membuat Perbedaan

Semua harus beradaptasi dengan perubahan, tanpa terkecuali dunia percetakan. Era digital selalu dipenuhi dengan banyak informasi besar. Bahkan dengan mudah bisa menganalisis iklan digital dari kompetitor (pesaing) yang memiliki target yang sama dengan perusahaan. Hal ini pemasar harus mampu berinovasi secara out of the bos dan mengembangkan strategi pemasaran dengan menggunakan kombinasi antara teknologi digital dan materi cetak yang menarik.

Misalnya, seseorang mengirim katalog produk melalui kode QR atau email biasa pada pelanggannya, tentu hal seperti ini akan memberi kesan profesional. Selain itu memberikan promo atau diskon dalam bentuk cetak akan menambah nilai dan perasaan khusus dihati konsumen. Begitulah era digital saat ini, tidak semua orang lihai menggunakan voucher digital maka harus tetap memperhatikan orang-orang yang masih menanti voucher cetak.

  • Buat Kesan Pertama yang Unik

Mencetak juga harus memberikan rasa dan sentuhan karya  untuk menambah nilai sebuah produk. Seperti ketika mencetak kartu nama, customer dapat menilai citra merek dari bahan dan tinta yang digunakan. Customer akan menilai keprofesionalan ketika kartu nama dicetak dengan bahan berkualitas. Dari sini materi cetak menjadi alat penting karena nyata dapat membantu menciptakan kesan pertama di mata customer.

Kartu nama seperti agen berjalan bagi sebuah perusahaan untuk terhubung dengan customer dan perusahaan lain. Oleh karena itu desain yang baik untuk membangun kepercayaan terhadap merek dan menciptakan citra yang lebih profesional. Ini sesuatu yang tidak bisa digantikan oleh media online sekalipun.

Diatas tadi adalah 3 alasan mengapa era digital tetap membutuhkan materi cetak, Jika ingin memulai usaha percetakan Telson.id memiliki mesin canggih agar menciptakan hasil yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *