Proses Pembuatan Paper Bag

Paper-Bag-tas-kertas-custom

Paper bag atau tas kertas biasanya digunakan untuk membawa barang yang tidak terlalu berat, sekarang ini paper bag bahkan sudah menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menggantikan kantong plastik karena paper bag lebih mudah di daur ulang dan juga bisa dipakai berkali- kali. Gambarnya tentu beraneka ragam dari yang unik sampai yang lucu. Dan tentu saja harga jualnya juga tidak sama, tergantung ukuran dan bahan.

Gambar: Contoh Paper Bag

Melihat kemasan produk menggunakan paper bag memiliki berbagai macam ukuran dari kecil, sedang hingga besar, pasti ada pertanyaan mengenai jenis atau bahan yang digunakan, untuk benda lebih berat paper bag tentu terbuat dari kertas yang lebih tebal.  Bahan yang dipakai bermacam-macam terbuat dari kertas biasa, kertas daur ulang, kertas karton, dan kertas kado.

JENIS KERTAS UNTUK MEMBUAT PAPER BAG

Untuk setiap jenis kertas memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, berikut adalah jenis-jenis kertas yang digunakan yang bisa kalian pilih;

  • Kertas Art Carton

Art karton atau biasa disebut kertas karton adalah pilihan yang bagus untuk digunakan sebagai bahan dasar membuat paper bag kado. Kertas karton ini memiliki gramatur yang cukup tebal, sehingga tas kertas terlihat kokoh dan tidak mudah rusak. Ketebalan yang dimiliki kartas karton mulai dari 190 gsm sampai 310 gsm, memiliki permukaan yang halus, berwarna putih cerah, dan bertekstur licin pada bagian kedua permukaannya.

  • Kertas Art Paper

Kertas art paper ini banyak digunakan untuk bahan kalender dinding dan juga brosur, memiliki permukan yang licin pada bagian luar dan dalam sama seperti kertas karton meskipun terbilang lebih tipis. Gramatur kertas art paper berkisar 100 gsm dampai 150 gsm.

  • Kertas Ivory

Kertas ivory hampir sama seperti kertas karton, hanya saja kertas ivory mempunyai permukaan yang licin di satu sisi saja, sedangkan sisi lainnya tanpa coating. Kalau dilihat dari segi warna, kertas ivory mempunyai warna dasar putih, tapi nggak seterang warna dasar kertas art carton. Jenis kertas ini juga banyak digunakan untuk membuat tas kertas.

  • Kertas Kraft

Kertas kraft ini sering dipilih untuk material paper bag, karena sifatnya yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang, sehingga kertas kraft menjadi favorit dikalangan pengusaha kemasan, khususnya paper bag. Teksturnya yang kasar berbeda dengan kertas yang lain, serta berwarna coklat sehingga menambah kesan klasik pada kertas ini.

Selain berwarna coklat, kertas kraft ini ada juga yang berwarna putih. Memiliki gramatur 150 gsm saja, kraft putih memiliki 2 sisi yang berbeda, satu sisi warna putih dan sisi lain berwarna coklat.

Dari berbagai jenis kertas untuk membuat paper bag, apakah kalian tahu bahwa paper bag yg bermanfaat ini ternyata sangat mudah untuk dibuat? Ada yang menggunakan mesin langsung dan ada yang memakai cara manual yaitu menggunakan alat-alat sederhana.

CARA MEMBUAT PAPER BAG

Gambar: Cara Membuat Paper Bag

Kalian dapat membuat paper bag custom atau membuat paper bag sesuai keinginan kalian, ini adalah bahan dan metode untuk membuat paper bag:

a. Pilih Kertas Yang Ingin Digunakan

Variasi kertas yang dapat dipilih seperti yang sudah dijelaskan diatas seperti kertas art cartoon, kertas art paper, kertas ivory dan kertas kraft. Namun kertas paper bag yang populer digunakan adalah kertas kraft, karena memiliki teksturnya yang kasar berbeda dengan kertas yang lain, serta berwarna coklat sehingga menambah kesan klasik pada kertas ini.

b. Laminasi

Sebelum memotong desain paper bag atau tas kertas, ada bagusnya di laminasi terlebih dahulu agar memiliki kesan yang bagus. Pilihan laminasi bisa laminasi doff, glossy atau juga menggunakan spot UV.

c. Potong Sesuai Ukuran 

Setelah kertas sudah disiapkan dan dilaminasi, lalau potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

d. Lipat Dan Proses Tempel

Proses lipat dan tempel ini biasanya digunakan oleh mesin Telson dan beberapa juga digunakan secara manual. Setelah kertas dilem dan setelah itu dilipat sesuai bentuk paper bag.

e. Punching Dan Eyelet

Ini adalah proses terakhir, setelah paper bag sudah jadi, gunakan punch hole (pelubang kertas) dan eyelet punch hole (mata ayam) ini bertujuan untuk memberi tali pada paper bag yang sudah dilubangi sebagai pegangan.

Naaah itu tadi adalah proses cara membuat paper bag, semoga artikel ini dapat menjadi ide untuk kalian yang ingin membuka usaha berjualan paper bag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat