Perbedaan Mesin Cutting Sticker & Mesin Print Cut

mesin cutting

Mesin Cutting Sticker & Mesin Print Cut

Dalam percetakan, ada berbagai macam jenis percetakan yang digunakan dalam industri, salah satunya adalah cutting sticker dan. Percetakan ini menggunakan berberapa mesin berbeda yaitu mesin cutting sticker dan mesin print cut. Lalu apa perbedaannya? Untuk mengetahuinya, mari kita bahas dibawah ini.

untuk melakukan cutting stiker dan print cut kita perlu membutuhkan mesin cutting stiker. Namun bisa juga dengan mesin digital printing, hanya saja mesin itu hanya mencetak berbahan flexi menggunakan tinta solvent.

Disini kita akan membahas apa perbedaan kedua mesin tersebut . Secara pembuatannya sekilas terlihat sama, namun prosesnya pengerjaannya agak berbeda.

Dulu, pembuatan cutting stiker masih menggunakan cara manual, mereka membuat  stiker dengan menggambar atau membuat font atau tulisan di stiker baru di potong menggunakan silet atau cutter. Dan itu membuat hasil dari pada cutting stiker membutuhkan waktu yang cukup lama dan potongan kurang maksimal. Kini model stiker semakin unik dan menarik. Bukan dari corak dan warnanya, desainnya pun semakin lama semakin menawan. Gambar atau tulisan yang rumit-rumit pun sekarang sudah bisa dibikin stiker, menggunakan mesin cutting stiker.

Membuat stiker sekarang sangatlah mudah karena sudah didukung dengan menggunakan alat potong yang namanya mesin cutting stiker. Beberapa jenis cutting stiker di pasaran mulai dari harga murah sampai dengan harga tinggi di jual bebas disesuaikan kebutuhan anda. 

Sekilas keduanya terlihat sama, perbedaannya  dari cara pengerjaan, mesin yang digunakan hingga produk yang dihasilkan berbeda. Mesin yang digunakan mesin cutting stiker adalah mesin pemotong, atau dibagian seharusnya ada catridge di printer biasa, maka dalam mesin tersebut terdapat mata pisau untuk memotong. Sedangkan yang digunakan dalam pembuatan print cut sticker adalah mesin print to cut. Setelah print desain diinginkan, dilanjutkan dengan memotong bagian – bagian yang ingin dipotong hingga sesuai dengan desain kita.

Perbedaan spesifik mesin cutting stiker dan print cut

Warna
Hal utama dari desain perlu perhatikan adalah pewarnaan. Jenis warna yang bisa dipakai, cutting stiker menggunakan jenis warna solid, tidak bisa menggunakan warna gradasi karena bahan kertas warna cutting stiker sendiri menggunakan warna solid. Berbeda dengan print and cut yang pengerjaannya melalui proses print terlebih dahulu sehingga dari segi warna bisa bervariasi dengan dan bervariatif sesuai dengan keinginan anda.

Desain
Dalam pembuatan Cutting Stiker, hindari pembuatan desain yang terlalu kecil, minimal ketebalan huruf adalah 3 mm. Karena desain terlalu kecil dapat berpengaruh terhadap kecepatan pengerjaan dan jumlah gambar gagal. Karena semakin kecil akan semakin sulit untuk dikerjakan. Sedangkan print and cut, hal ini tidak terlalu memperhatikan karena prosesnya tidak sampai ke tahap masking.

Bentuk fisik
Untuk jenis print and cut dibuat dengan mesin printing sehingga hasil cetakannya seperti stiker pada umumnya. Beda dengan Mesin Cutting stiker proses pengerjaannya menggunakan proses cutting apabila desain terdiri dari beberapa warna anda akan bisa merabanya dan merasa ada timbul yang merupakan ada 2 layer dari warna tersebut.

Material

Material digunakan untuk keduanya sama kecuali warna. Mesin Cutting stiker hanya bisa menggunakan warna – warna solid, sedangkan  printcut stiker dapat menggunakan warna gradasi karena pada dasarnya print cut stiker adalah print stiker yang dipotong. Untuk membuat printcut stiker, biasanya menggunakan material yang berbahan dasar warna putih, agar warna lebih keluar. Baik itu vynil ataupun scotchlite bisa digunakan untuk membuat printcut stiker.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *