Perbedaan Isolasi Plastik Dan Isolasi Kertas

isolasi-masking-tape-stiker

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan isolasi? Tapi apakah kalian tau fungsi isolasi dalam dunia percetakan? dan perbedaan dari jenis-jenis isolasi tersebut? Nah pada artikel ini kita akan bahas perbedaan isolasi plastik dan isolasi kertas. 

Masking tape sejatinya adalah jembatan dari desain grafis vinyl ke tujuan yang hendak dicapai di media. Media bisa kaca, plastik, bodi kendaraan, dinding rumah atau permukaan lain yang lebih kasar.

Gambar: Isolasi (Masking tape)

Isolasi atau dalam dunia percetakan disebut masking tape adalah sticker bening atau transparan yang digunakan untuk menggabungkan bagian stiker atau vinyl sablon, sehingga memudahkan dalam proses penempelan. Masking tape atau isolasi dibutuhkan saat kita membuat stiker atau sablon dengan desain yang terpisah-pisah. Untuk memudahkan dalam proses penempelan maka desain yang terpisah-pisah tersebut diberi masking tape atau isolasi agar menjadi satu kesatuan ketika akan ditempel. Setelah desain tertempel maka masking tape atau isolasinya bisa dilepas. 

Masking tape sendiri dibagi menjadi dua jika dilihat dari jenis dan bahannya, yaitu; Masking tape plastik dan masking tape kertas. Isolasi plastik adalah berupa plastik bening transparan, sedangkan isolasi kertas adalah berupa kertas opaque atau sedikit transparan. Jika dilihat dari jenis lemnya maka masking tape (isolasi) dibagi menjadi 3 yaitu;

  1. low tack, isolasi dengan lem yang tidak terlalu kuat
  2. medium tack, isolasi dengan lem yang sedang, atau sedikit lebih kuat
  3. high tack, isolasi dengan lem yang kuat

Untuk cutting sticker pada umumnya menggunakan isolasi plastik dengan jenis medium tack atau low tack. Untuk stiker yang merupakan hasil cetak dengan tinta ecosolvent dan bahan vinyl sablon, umumnya menggunakan isolasi jenis kertas dengan lem high tack. Hal ini dikarenakan sablon menggunakan jenis kertas ini tidak akan meleleh ketika dipress, untuk itu sesuaikan penggunakan jenis masking tape sesuai jenis pekerjaan.

Isolasi Kertas atau Isolasi Plastik

Ada tiga faktor yang dipertimbangkan saat memilih masking tape atau isolasi, pertama kekuatan perekat isolasi dan bahan stiker, kedua kekuatan perekat antara isolasi dan media, dan ketiga adalah kekuatan perekat antara bahan stiker dan media.

1. Masking Tape Kertas (Isolasi Kertas)

Pada dasarnya isolasi ini produk industri selotip. Meski isolasi ini berbahan kertas namun masih tembus pandang tapi tidak transparan. Pada saat dilapiskan ini masih terlihat bentuk cutting sticker. Kelebihan Isolasi kertas adalah memiliki pori-pori, jika ingin memasang cutting sticker dengan teknik basah, pemakaian isolasi kertas ini akan lebih mudah, karena berpori-pori, air yang dikeluarkan saat ditekan dengan rakel pada mesin cutting bisa naik ke permukaan, membasahi isolasi kertas. Setelah itu air yang keluar dapat dibersihkan dengan tisu atau kain halus.

Gambar: Isolasi Kertas

Isolasi kertas adalah pilihan tepat untuk pemasangan cutting sticker yang dibuat dari bahan jenis doff atau matte atau pada umumnya sering disebut bahan kabut. Produk yang populer ialah oracal atau mactac doff. Isolasi akan menempel dengan kuat, dan saat mengelupas stiker dari baking paper akan terangkat dengan mudah.

2. Maksing Tape Plastik (Isolasi Plastik)

Isolasi plastik ini transparan karena terbuat dari plastik bening. Kelebihan isolasi ini untuk pemasangan stiker banyak warna yang harus ditimpa. Dengan memiliki sifat transparan, akan sangat mudah menentukan posisi yang pas dimana bagian stiker akan ditempelkan. Isolasi plastik ini cocok untuk stiker dengan desain yang rumit dan butuh banyak bagian yang harus disatukan.

Gambar: Isolasi Plastik

Isolasi platik ini tidak tembus air sehingga tidak dianjurkan untuk pemasangan cutting sticker dengan sistem basah. Air pada bagian isolasi plastik tidak akan bisa keluar, membuat perekat stiker ke media membutuhkan waktu yang lama. Isolasi plastik juga cenderung mengalirkan listrik statis, akibatnya ia dengan mudah menyedot debu-debu kecil yang tentu akan mempengaruhi kehalusan hasil pemasangan.

Jenis masking tape ini juga tidak bisa diaplikasikan untuk bahan sticker yang membutuhkan pemanas untuk menempelkan atau mengeringkannya.  Misalnya untuk bahan sticker sablon t-shirt. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat