Perbedaan dari karton box (corrugated box) dan kertas karton (cardboard box)

Apakah corrugated box sama dengan cardboard box? Atau kalian asing dengan istilah-istilah tersebut? Corrugated box atau biasa kita sebut kardus/karton box sedangkan cardboard box adalah kertas karton. Dari namanya yang memiliki kemiripan naman pada kenyataannya merupakan 2 jenis kemasan yang berbeda.

Corrugated box adalah karton box atau kardus yang dapat mudah diketahui karena jenis kemasan ini sangat banyak digunakan untuk kemasan yang besar dan berat. Ciri-ciri kardus/karton box adalah memiliki 3 layer yang disebut fluting yaitu fluting bagian luar, fluting bagian dalam dan fluting bagian dalamnya lagi. Aplikasi kardus sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai kemasan pizza, elektronik, buah-buahan dan macam lainnya.

Gambar: Corrugated box

Lalu, apakah Cardboard box itu? Cardboard adalah box yang terbuat dari kertas paperboard atau kertas karton yang tipis. Cardboard box juga disebut dengan folding karton. Kertas karton memiliki ketebalan yang tipis dan kaku, banyak digunakan sebagai kemasan barang yang berukuran kecil seperti rokok, kue, roti, teh tempat dompet dan lainnya. Jenis kertas karton yang paling populer adalah kertas duplek.

Gambar: Cardboard box

Seperti vinyl sticker yang merupakan salah satu jenis sticker, cardboard atau kertas karton  juga mempunyai banyak tipe dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Menurut riset, ada tiga jenis tipe cardboard atau kardus yang paling umum: graphic cardboard, solid cardboard dan corrugated cardboard. Untuk mencegah kesalahan dalam memilih cardboard, berikut ini penjelasan tentang berbagai tipe cardboard yang telah disebutkan di atas;

Gambar: Cardboard

  • Graphic carboard

Tipe graphic cardboard ini biasanya digunakan untuk kebutuhan publikasi, seperti menjadi sampul belakang buku, three ring binder atau map, potongan – potongan puzzle dan semacamnya. Graphic cardboard dibuat dengan menekan lapisan kertas secara bersamaan dengan adhesif dibelakang masing – masing kertas sampai ketebalan yang diinginkan tercapai. Graphic carboard dibuat agar kokoh dan tetap rata.

  • Carton board

Selain itu tipe karton board yang satu ini bisa disebut sebagai solid cardboard atau boxboard. Jika graphic board kokoh dan rata maka cardboard yang satu ini relatif lebih tipis dan memiliki lapisan halus pada satu sisi yang diaplikasikan saat proses pembuatan. Sisi yang halus biasanya digunakan untuk menempelkan kertas ke cardboard atau bisa juga dicetak ketika proses pencetakan cardboard itu sendiri.

Karton board biasa digunakan untuk membuat kotak pengemasan seperti kosmetik, sereal dan berbagai produk makanan lainnya, perangkat komputer juga gim video. Bisa juga digunakan untuk untuk mengemas mainan anak, aksesoris rambut dan botol minuman. Karton board ini dibuat untuk tahan air dan tetap rata.

  • Corrugated cardboard

Corrugated cardboard dibuat dengan menekan selembar papan karton di hot corrugators untuk menciptakan lekukan huruf S dan kemudian menempelkan lembaran yang ditekan di antara dua potong papan karton.

Perbedaan di corrugated cardboard biasanya ditentukan oleh ukuran galur atau flure. Kurva-S yang lebih kecil biasanya menghasilkan galur yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan. Sementara semakin besar galurnya, maka semakin kokoh juga corrugated cardboard-nya. Tipe corrugated cardboard yang paling kuat adalah triple wall corrugated carboard, yang dibuat dengan empat lapis carton board dan tiga lembar corrugated cardboard.

Selain untuk kebutuhan pengemasan, corrugated cardboard juga digunakan untuk berbagai kebutuhan promosi seperti booth pameran hingga POP display.

Nah sekarang kalian mengetahui bahwa kardus untuk barang berat ternyata beda dengan kardus untuk packaging atau promosi. semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *