Pengertian dan Perbedaan Offset dan Digital Print

Apa Bedanya Teknik Cetak Offset dan Digital (Digital printing)? Ada 2 teknik cetak yang digunakan dalam dunia jasa cetak digital online, meski kita kurang memahami teknik cetak lain setidaknya kita memahami 2 teknik cetak yang sering bersinggungan ini. Mengetahui perbedaan, kelebihan dan kelemahannya merupakan sedikit pengetahuan yang harus kita ketahui.

Di dalam dunia percetakan  memiliki teknik cetak untuk memproduksi segala dokumen sesuai kebutuhan kita. Kita perlu mengetahui teknik manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan biaya (budget) kita. Mengenal teknik cetak dapat membantu kita mendapatkan hasil percetakan sesuai yang kita inginkan, setelah mengetahui tentang teknik cetak kita akan merasa lebih yakin menggunakan jasa jasa cetak digital online.

Untuk saat ini ada dua pilihan proses cetak buku, yaitu secara offset dan digital. Cetak offset dan digital printing ini adalah teknik cetak. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Namun, keduanya sama-sama bisa difungsikan sesuai dengan kebutuhan.

Apakah perbedaan di antara kedua teknik cetak tersebut? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing teknik?

Teknik Cetak Offset (Offset Printing)

Gambar: Cetak Offset

Offset printing adalah Teknik cetak offset di mana hasil cetakan terlebih dulu dicetak di satu plate, kemudian dipindahkan ke lapisan karet yang sering disebut Rubber Blanket dan akhirnya dipindahkan ke media cetak yang diinginkan, seperti kertas.

Cetak Offset sangat cocok digunakan untuk mencetak dalam skala/kuantitas yang besar karena biayanya yang sangat ekonomis. Diantara teknik cetak yang lain, cetak offset memiliki kualitas yang tinggi dan memiliki konsistensi yang baik untuk mencetak dalam skala besar. Lalu apa kelebihan dan kekurangan teknik cetak offset?

Kelebihan

  • Teknik cetak offset dapat mencetak dalam jumlah banyak, semakin banyak kuantitas atau jumlah yang dicetak maka harga lembarnya semakin murah.
  • Mesin cetak offset memungkinkan untuk mencetak dengan tekstur kasar dan bergramatur tebal hingga 300 gsm
  • Teknik cetak offset dapat mencetak media berukuran A1 atau A0
  • Dapat mencetak warna khusus seperti emas, perak atau warna stabilo

Kekurangan

  • Teknik cetak offset membutuhkan waktu produksi yang lama, karena memiliki proses yang cukup panjang seperti pembuatan film, plat cetak serta penyetelan tinta pada mesin
  • Tinta yang digunakan mesin cetak offset yang basah membutuhkan waktu untuk proses pengeringan

Teknik Cetak Digital (Digital Printing)

Gambar: Digital Printing

Digital offset, atau istilah kerennya yaitu digitalprinting, adalah sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital, yang biasanya berupa File, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai media dengan cara yang lebih cepat.

Digitalprinting sebenarnya sudah lama namun termasuk cara baru, karena prosesnya menggunakan alat berbasis teknologi dan digital. Teknik digitalprinting ini merupakan teknik perkembangan dari teknik cetak offset yang sudah ada sejak awal.

Teknik cetak digital atau digitalprinting cocok digunakan untuk kebutuhan cetak dalam jumlah kecil atau sedikit, maka dari itu teknik digitalprinting sering disebut teknik cetak print on demand. Harga untuk mencetak dalam skala kecilpun terbilang ekonomis daripada menggunakan teknik cetak offset.

Kelebihan

  • Digital printing dapat mencetak satuan hingga berapa pun, karena memiliki mesin yang mendukung
  • Teknik cetak digital cocok untuk cetak kartu nama atau fotobook yang tidak membutuhkan cetak dalam skala besar
  • Menggunakan proses digital, waktu produksi cepat, tidak perlu membuat plat untuk cetak atau film cukup diolah melalui media komputer dan langsung printing.

Kekurangan

  • Biaya produksi lebih tinggi bila mencetak dalam kuantiti yang sedikit
  • teknik cetak digital cocok untuk cetak dalam skala kecil, karena apabila menggunakan teknik cetak skala besar maka warna yang dihasilkan tidak akan konsisten dan memakan biaya yang tinggi
  • digitalprinting hanya dapat mencetak pada media berukuran A3+ dan gramatur kertas maksimum 270gsm.

Telson adalah pusat perlengkapan mesin cetak digitalprinting terlengkap. Memudahkan pelanggan untuk mencari rekomendasi mesin cetak digitalprinting dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *