TIPS: Merawat Mesin Laminating yang Lengket dan Macet

Apakah tahun baru mesin harus baru? Atau lebih irit merawat mesin agar tetap awet. Bagaimana cara memelihara barang atau mesin supaya awet? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin, tidak hanya fokus pada mesin tapi jika kalian memiliki mesin yang berhubungan dengan listrik, kalian harus memperhatikan daya listriknya juga agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

Gambar: mesin laminating

Banyak permasalahan pada pengusaha percetakan dalam mempertahankan mesin produksinya, contohnya seperti mesin laminating. Mesin laminating akan bertahan lama dan awet bahkan terhindar dari kerusakan apabila rajin merawat dan memelihara mesin laminating. Mesin laminating adalah komponen yang berfungsi untuk melapisi kertas menggunakan bahan film untuk mencegah kerusakan kertas atau dokumen penting. Hal ini dapat terhindar dari benda cair atau benda-benda lainnya yang bisa merusak dokumen.

Kerusakan pada mesin laminating tentu akan merugikan usaha percetakan kalian, karena telah memakan biaya dan estimasi waktu yang lama untuk proses perbaikan sehingga ini dapat menghambat proses usaha percetakan. Nah artikel ini akan sangat membantu sebelum mesin laminating kalian mengalami kerusakan, ini adalah tips cara merawat mesin laminating agar awet;

  • Tips mengatasi mesin laminating agar tidak lengket

Ketika melakukan proses laminasi, temperatur panas pada rol mesin dapat mencairkan perekat dari kantong laminating. Perekat tersebut dapat membantu mengikat kantong untuk dokumen yang akan dilaminasi. Sebagai perekat yang dilebur saat proses laminasi, sangat mungkin sebagian cairan akan keluar dari kantong laminating pada rol mesin, dan akan mempengaruhi kinerja. Namun untuk menghindari gangguan tersebut adalah dengan cara menempel item dalam carrier.

  • Tips mencegah kemacetan pada mesin laminating

Bila terjadi kemacetan pada mesin laminating alangkah baiknya agar selalu menggunakan carrier pada saat melakukan laminasi, karena cara ini sangat baik untuk mencegah kemacetan pada mesin laminating.

Sebelum menggunakan mesin laminating alangkah baiknya mesin lebih rutin di control atau di check. Apabila ada komponen yang bermasalah seperti kabel yang tidak kencang atau penghubung yang bermasalah, lebih baik di betulkan terlebih dahulu sebelum terjadi kerusakan yang lebih mengarah ke komponen yang lain. Dan juga harus rajin dalam membersihkan roll mesin laminating.

Apabila ingin menggunakan mesin laminating, pastikan unit mesin dalam keadaan bersih dan kering. Kotoran yang masuk kedalam unit mesin dapat terbakar karena panasnya suhu. Apabila ada air juga berpotensi terjadi arus pendek. Ketahui settingan saat pengaturan temperatur suhu, dan periksa tingkat panasnya.

  • Mengenal kerusakan pada mesin laminating

Sebuah bisnis yang dijalani perlu adanya menjaga perlengkapan aset usahanya. Tentu sangat tidak diinginkan apabila barang yang baru dibeli dalam jarak beberapa hari terjadi kerusakan. Mengingat hal tersebut perlu adanya perawatan dalam melindungi mesin seperti mesin laminating. Apabila belum mahir dalam menggunakan dan mengenal mesin laminating maka akan menimbulkan masalah seperti lengket, macet atau bahkan kepanasan.

Apabila sudah terjadi kerusakan seperti diatas, maka hal apa yang akan kalian lakukan? Apakah membeli mesin baru lagi? Tentu hal itu perlu dipertimbangkan lagi yaaa. Maka dari itu jangan malas dalam hal merawat mesin laminating dan benda-benda lainnya. Berikut akan kami jelaskan sedikit mengenai Apa sajakah masalah dan bagaimana cara mengatasi masalah pada mesin laminating;

a. Hasil dari mesin laminating melengkung

Gambar: mesin laminating telson

Apabila kurang berhati hati atau kurang profesional dalam melaminasi, maka tidak jarang akan terjadi masalah laminasi yang melengkung dan bergelembung. Penyebab utamanya adalah :

  • Temperature panas terlalu tinggi
  • Media kertas terlalu tipis
  • Media kertas terlalu lunak
  • Cara memasukkan media kertas dan bahan laminasi yang kurang tepat

Namun hal tersebut bisa di hindari dengan melakukan uji coba sebelum melakukan laminasi dengan bahan lain yang serupa. Sebelum melakukan uji coba atur temperatur panas dengan benar, jangan terlalu panas karena akan menyebabkan media kertas dan bahan laminasi melengkung yang diakibatkan oleh suhu panas.

b. Hasil dari mesin laminating kusut

Gambar: Hasil mesin laminating telson

Selain berdampak hasil yang melengkung, mesin laminating juga memiliki masalah dengan hasil yang kusut pada media kertas atau bahan laminasi. Hal itu terjadi karena;

  • Kadar air yang berlebihan
  • Terburu buru mendorong material terlalu masuk ke dalam mesin laminator
  • Menahan media kertas dan bahan laminasi terlalu lama padahal ujung material sudah dekat heater
  • Saat memasukkan media kertas dan bahan laminasi tidak flat

Masalah pada mesin laminating memang terlihat begitu sepele, namun hal tersebut dapat berdampak pada media yang akan dilaminasi, media tidak dapat diperbaiki kecuali melepas hasil laminasi, namun sangat berbahaya karena dapat merusak media kertas atau bahkan file penting yang di laminasi. Solusi dari masalah ini adalah mengurangi suhu heater laminating atau dengan mengeringkan kertas.

Mesin laminating telson dilengkapi dengan media anti lengkung dan sistem pemanas yang sudah menggunakan oli, sehingga pemanas lebih stabil dan tidak membuat hasil bintik dan kuat.

Dari ke dua kategori diatas adalah masalah yang biasa di temui oleh petugas jasa percetakan yang mungkin kurang teliti atau mendapatkan kesalahan kecil. Namun semua masalah bisa teratasi atau diantisipasi dengan solusi diatas. Pergunakan mesin laminating dengan baik dan benar, hindari roll mesin laminating dari debu dan check kembali kabel sambungan mesin laminating agar mesin laminating dapat dijalankan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *