Mesin Alat Potong Kertas Untuk Industri Anda

Alat Potong Kertas

Alat Potong Kertas

Anda mungkin tidak asing lagi dengan alat pemotong kertas seperti mesin pemotong kertas. Ya, benar sekali! Alat ini biasa anda dapat temukan di toko percetakan maupun di berberapa inventaris perkantoran. Lalu sebenarnya sepenting apa sih memiliki alat pemotong kertas ini?

Sebelum memasuki topik utama tentang pentingnya alat pemotong kertas mesin, anda sendiri mengetahui betapa banyaknya dokumen maupun arsip perkantoran. Terbayangkah betapa banyak waktu yang dihabiskan jika anda merapihkan banyak dokumen kertas hanya menggunakan cutter maupun gunting? Tidak lupa bahwa anda dokumen juga harus terpotong secara rapih, memotong secara rapih merupakan hal yang cukup sulit jika dilakukan secara manual. Oleh karenanya, alat pemotong kertas mesin merupakan alat tepat untuk anda, baik industri percetakan maupun perkantoran anda. 

Fungsi Utama Mesin Alat Potong Kertas

Alat Potong KertasPada dasarnya mesin alat pemotong kertas memiliki tiga fungsi pokok dalam membantu meringankan pekerjaan Anda. Yang paling banyak digunakan adalah untuk merapikan serta memotong kertas menjadi beberapa bagian dan juga ukuran yang Anda inginkan. Ketika Anda akan gunakan untuk merapikan bagian pinggir kertas maka Anda akan menggunakan fungsi yang lainnya yaitu bagian yang digunkan untuk menekan atau mengepress tumpukan kertas. Selain itu juga bisa digunakan untuk memadatkan kertas yang akan Anda jilid sehingga hasil penjilidan nantinya bisa cukup kuat sekali. Jadi jika Anda memiliki kebutuhan seperti penjilidan maupun masalah lainnya yang berhubungan dengan mesin pemotong kertas sebaiknya segera membelinya supaya dapat meringankan pekerjaan Anda.

 

Mesin alat pemotong kertas terbagi atas dua macam yaitu:

  • Guillotine dipergunakan untuk memotong rata bagian tepi buku, diktat, atau memotong kertas sampai dengan tebal 6cm sekaligus.
  • Paper cutter bentuknya lebih kecil dipergunakan untuk memotong lembaran kertas sampai dengan 15 lb.

Ciri-ciri alat pemotong kertas

  1. Digerakkan dengan tangan dan ada yang dengan listrik
  2. Cara kerja dan komponen mesinnya mekanis
  3. Memotong kertas dengan pisau yang ditekan

Cara kerja mesin alat pemotong kertas

  1. Kertas yang diletakkan di papan kertas dengan bagian yang akan dipotong diletakkan tepat pada alat pemotong.
  2. Dengan menekan pisau potong yang berada di atas kertas secukupnya maka kertas akan terpotong tepat pada garis pertemuan mata pisau dan alat pemotong.

Cara pemeliharaan alat pemotong kertas

  1. Seluruh permukaan tiap bagian mesin selalu dibersihkan dengan kain halus supaya tidak kotor dan berkarat, disimpan ditempat kering.
  2. Bagian per pada ujung pisau sesekali diberi pelumas
  3. Pisau yang tumpul diasah seperti mengasah gunting
  4. Jangan sampai memotong kertas yang ada bendelan berupa kawat jepret.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *