5 Cara Mencetak Buku di Percetakan! Berapa Biayanya?

Bagi kalian yang masih pemula dalam menulis buku, tidak perlu minder untuk mulai menulis. Tidak ada salahnya mencari tahu cara menulis sekaligus mencetak yang baik. Beberapa orang yang menyukai menulis memang tidak tahu cara memulainya ada pula yang bingung terkendala masalah penerbitannya.

Mencetak buku di penerbit terkadang mengalami fase yang terlalu lama, terutama jika buku-buku tersebut akan diterbitkan ke masyarakat luas. Namun jika ingin memberikan buku tersebut untuk kerabat atau teman-teman terdekat, tidak ada salahnya mencetak buku sendiri dipercetakan. Namun sebelum mencetaknya ada beberapa hal yang harus diketahui. Seperti berikut ini tips mencetak buku untuk pemula yang perlu diketahui;

  1. Mempertimbangkan Ukuran Buku

Gambar: Ukuran buku

Untuk pemula yang pertama kali mencetak buku tentu ingin memberikan tampilan terbaik pada bukunya. Namun apabila kalian berpikir memberi isi dalam buku dalam jumlah banyak tanpa memikirkan ukuran, ini adalah hal yang salah. Kalian perlu mengetahui ukuran yang sesuai, lalu konten isi dalam buku disesuaikan sehingga pembaca lebih tertarik dengan buku yang kalian cetak dan pembaca lebih nyaman saat membaca buku tersebut.

2. Memilih Desain Buku yang Tepat

Gambar: Desain buku

Pemilihan desain sebelum mencetak buku merupakan hal yang terpenting dan terutama yang harus dilakukan. Pemula boleh saja melihat desain buku lain dari kompetitor atau penulis lainnya. Namun usahakan untuk membuat desain yang berbeda, pelajari pula pemilihan font yang bagus untuk digunakan sebelum mencetak. Pemilihan font yang tepat dapat membuat buku lebih enak dibaca.

3. Memilih Bahan Isi Dalam Buku

Gambar: Ilustrasi Jenis Kertas

Banyaknya pilihan bahan isi buku yang tersedia membuat kalian harus menentukan kualitas kertas yang bagus, semakin bagus kualitas kertas maka harganya semakin mahal. Banyaknya jumlah halaman yang akan dicetak juga akan mempengaruhi harga, semakin banyak halaman yang dicetak dan harganya semakin murah begitu pun sebaliknya. Berikut adalah beberapa pilihan kertas yang tersedia untuk bahan isi buku;

  • Kertas HVS

Kertas HVS adalah kertas yang sudah umum digunakan untuk mencetak buku. Bahan kertas yang sederhana ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk jenis kertas yang satu ini sudah pasti Anda sering liat bahan kertas HVS ini. Kertas ini sama seperti kertas buku tulis pelajaran, selain itu jenis kertas ini cenderung lebih murah.

  • Kertas Art Paper

Kertas Art Paper adalah jenis kertas yang lebih tahan dan lebih bagus dibandingkan dengan kertas HVS. Sebab kertas art paper ini adalah kertas yang tidak terlalu gampang robek dan tidak mudah luntur jika terkena air.

  • Kertas Buram (Book Paper)

Kertas Book Paper adalah kertas yang lebih bagus lagi dibandingkan dengan kertas-kertas HVS, Art Paper, Mate Paper. Kertas Buram (Book Paper) adalah sejenis kertas yang lebih ringan untuk cetakan, kertas Book Paper ini merupakan kertas import yang harga kertasnya cenderung lebih mahal daripada kertas-kertas biasa.

4. Persiapkan Budget (Biaya)

Gambar: Persiapkan Biaya

Ini adalah hal yang paling penting, mempersiapkan budget (biaya) ketika ingin mencetak buku. Harganya tentu disesuaikan dengan jumlah halaman buku dan jumlah cetakan yang kalian pesan. Biasanya semakin banyak kalian memesan cetakan maka harganya akan semakin lebih murah, sebaliknya semakin sedikit memesan cetakan maka harganya akan semakin lebih mahal pula. Untuk hal yang satu ini, sebaiknya berkonsultasi atau carilah info sebanyak-banyaknya terlebih dahulu kepada pihak percetakan. Kalian dapat menghubungi tempat percetakan dan tanyakan berapa biaya yang diperlukan sesuai dengan keinginan.

5. Memilih Tempat Percetakan

Gambar: Mesin Hardcover

Mencetak buku tidak boleh di tempat percetakan yang salah, hasil cetakan harus berkualitas, jangan karena mendapatkan harga murah justru akan menurunkan kualitas cetakan. Untuk itu kalian harus memilih percetakan yang dapat mencetak buku sesuai kebutuhan kalian. Pilihlah percetakan yang memiliki Mesin Finishing Terbaik karena itu akan mempengaruhi hasil akhir buku kalian.

Itu adalah tips bagi kalian pemula yang ingin mencetak buku sendiri. Pastikan memiliki biaya yang sesuai dan pilih percetakan yang tepat, sehingga hasil cetakan sesuai dengan harapan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *