Mekanik Dan Jenis Punch Hole

_W_Punch Hole KWTrio 9330

Apakah kalian pernah mendengar alat preforator? atau punch hole? Kalian pasti asing dengan sebutan ini, tapi alat ini sangat familiar jika kalian bekerja pada bagian surat menyurat, pengarsipan, atau saat kalian ingin merapihkan kertas-kertas dimeja kerja kalian untuk dijadikan satu, di dalam binder/map. Punch hole atau preferator adalah alat pelubang kertas/plong-plongan.

Gambar: Punch Hole

Pelubang kertas dalam bahasa Inggris “punched card machine” dan dalam bahasa Belanda “perforator” adalah alat kantor yang dipergunakan untuk melubangi kertas yang sehingga disimpan dalam sebuah map yang terbuat dari plastik atau kertas dan didalamnya tersedia besi sebagai penjepit kertas dokumen (snelhecter). Lubang yang ditimbulkan dari alat ini untuk masing-masing kertas adalah dua buah atau lebih di tempat yang telah ditentukan.

Punch hole paling sering merujuk pada alat kantor yang digunakan untuk membuat lubang di lembaran kertas, seringkali untuk tujuan mengumpulkan lembaran dalam map atau folder. Sekarang alat pelubang kertas tidak hanya memiliki satu variasi untuk lembaran kertas tetapi ada yang untuk melubangi kain,melubangi lembaran besi dan juga bisa untuk lembaran alumunium.

Cara kerja dari alat pelubang kertas ini memiliki satu lubang atau lebih, memiliki satu tuas yang dipakai sebagai penggerak atas bawah tabung mata pisau yang akan memotong lembaran kertas dengan arah yang presisi dan lurus, saat tabung pisau melubangi kertas pisau tersebut akan dialasi oleh bantalan yang terdapat dibawah masuknya lembaran kertas. Ketika tabung pisau turun dan miring beberapa milimeter maka bagian titik tumpu pada sebelah pisau tabung akan berganti posisi untuk mendapat pemotongan yang lebih presisi dan pas. Alat pelubang dalam penggunaan industri mempunyai mata pisau yang lebih panjang dibanding yang biasa namun masih memiliki mekanik yang sama.

Setelah membahas tentang mekanik dari punch hole sekarang kita akan membahas jenis punch hole,berikut :

 

  • Punch Hole Lubang Satu

Gambar: Punch hole satu lubang

Punch hole lubang satu atau pelubangan tunggal sering digunakan untuk melubangi tiket atau juga untuk membuat potongan kertas dalam lembaran memo dan kerajinan kertas lainnya. Pada penggunaanya masing- masing terdapat bervariasi bentuk lubang namun untuk alat pelubang kertas tunggal dan alat pelubang tiket adalah alat yang berbeda, memiliki jangkauan yang lebih pendek dan tidak ada variasi bentuk lubang.

Pelubangan tunggal biasanya digunakan misal pada dinas sipil sebagai tanda dokumen atau kertas yang masih digunakan atau tidak digunakan dengan melubangi tunggal pada salah satu sisi kertas

 

  • Eyelet Punch/Mata Ayam

Gambar: Pelubang kertas mata ayam

Eyelete punch atau mata ayam ini sebagai klip kertas atau menyatukan kertas agar tidak mudah lepas. Pelubang kertas ini menggunakan lubang metal kecil yaitu disebut mata ayam yang dipress menggunakan eyelet punch/mata ayam.

Pelubang kertas terkait dengan alat kantor adalah lubang pukulan, ini digunakan untuk mengamankan beberapa lembar kertas secara bersama-sama atau tidak boleh dipisahkan.

 

  • Multiple Punch Hole

Gambar: Hasil Multiple Punch Hole

Multiple Punch hole ini sesuai dengan namanya yaitu memiliki banyak kegunaan, memiliki banyak variasi dari 2 lubang hingga 24 lubang. Alat pelubang kertas ini digunakan untuk melubangi kertas 2-150 lembar kertas lalu kemudian dijilid menggunakan spiral.

Itu saja penjelasan tentang jenis Punch hole/ Perferator/ Pelubang kertas/ Plong-plongan berdasarkan kegunaanya, untuk artikel percetakan yang lain bisa kalian lihat di Telson.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat