Jenis Penjilidan Pada Percetakan

jilid-spiral-jilid-buku
Kalian pasti biasa mendengar kata jilid buku? Pasti tidak banyak dari kalian yang tahu bahwa ada banyak jenis jenis penjilidan buku pada percetakan. Apa saja kegunaan? Dan apa saja perbedaannya? Dalam dunia percetakan jenis penjilidan buku mempunyai sejarah yang panjang. Abad ke 19 merupakan era transformasi teknik penjilidan buku, dimana pada saat itu permintaan kebutuhan meningkat dan penerbit sudah mulai mengontrol semua hal dari pengeditan, percetakan hingga penjilidan. Perkembangan para penerbit buku pun mulai melihat sampul (cover) buku yang bisa menjadi media untuk mencerminkan isi buku dalam menarik perhatian orang-orang. Pada proses penjilidan buku banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun, yang dimana buku pada umumnya terdiri dari lembaran papirus atau sejenis tumbuhan yang menjadi bahan pembuat kertas. Lembaran papirus tersebut digulung dan memanjang hingga gulungan papirus tersebut menjadi lembaran terpisah, sedangkan sampul buku pada umumnya terbuat dari kulit hewan. Sampul yang mengikat lembaran daun yang telah kering sebagai isinya kemudian disusun menjadi beberapa bagian menyesuaikan ukuran buku yang ditentukan, susunan tersebut kemudian dijahit hingga menjadi sebuah buku.

Gambar: Ilustrasi buku
Teknik jilid buku dapat dilakukan dengan beberapa jenis penjilidan buku lainnya. Jenis teknik penjilidan buku tidak mutlak dimana setiap jenis itu memiliki kegunaan masing-masing dalam kebutuhannya, misal; Jika buku tebal lebih sari 100 halaman dapat menggunakan teknik jilid benang dan lem panas atau jilid hardcover agar buku tidak cepat rusak. Teknik penjilidan buku atau dokumen ini memiliki fungsi yaitu bertujuan untuk menambah nilai image sebuah buku. Jika bagian hardcover itu terkesan mewah dan ekslusif pembaca akan lebih tertarik membuka buku dan melihat buku tersebut. Pemilihan jenis penjilidan yang digunakan bergantung pada tujuannya. Beberapa lebih tahan lama daripada yang lain. Sementara beberapa memungkinkan bisa dibuka rata, dan ada pula yang memiliki penampilan lebih menarik. Jenis penjilidan buku dibagi menjadi 2 jenis yaitu Punch and Bind dan Sort and Bind, dimana kedua jenis tersebut memiliki metode jilid yang berbeda pada masing-masing variasinya. Mari kita bahas;
  1. Punch and Bind
Kategori punch and bind ini memiliki cara membolong dan menjilid pada bagian sisi kiri buku untuk membuat pola yang sesuai dengan bahan jilidnya. Caranya adalah dengan memasang pada bagian sisi buku yang sudah dilubangi dengan plastik wire atau koil logam.

Gambar: Contoh Punch and Bind
a. Jilid Spiral Plastik / Jilid Ring sisir jilid Jilid sisir plastik adalah salah satu jilid yang populer dan banyak dipakai pada bisnis percetakan karena tidak terlalu mahal dan juga simple. Jilid sisir plastik dapat menjilid hingga 425 halaman dan biasanya mempunyai 19 pola lubang sisir, tapi metode jilid ini tidak akan tahan lama. b. Jilid Resleting GBC Sama seperti jilid sisir plastik, jilid ini tidak mahal dan juga simple, dapat menjilid hingga 85 halaman. Hasil jilidan ini mudah diubah tapi juga tidak akan tahan lama, dengan mesin jilid sisir kalian juga bisa membuat jilid resleting. c. Plastik Koil atau Jilid Spiral Dari kedua jenis sebelumnya, jenis jilid spiral ini lebih banyak kalian jumpai karena sangat populer. Jilid spiral ini tidak terlalu mahal tapi proses penjilidannya sangat rumit, metode jilid spiral dapat menjilid hingga 440 halaman, tidak bisa diubah pada bagian punggung buku, jadi akan lebih tahan lama. d. Turbo Koil Dari penamaan ini adalah jenis buku/kertas/dokumen yang tebal dan susah untuk dijilid, inilah sebabnya turbo koil ditemukan untuk membuat proses jilid buku yang tebal lebih mudah. e. Jilid Putaran Kawat Kembar Metode jilid buku yang juga populer ialah jilid putaran kawat kembar atau twin loop wire. Proses jilid ini menggunakan sebuah logam kwat yang menjilid buku hingga 250 halaman. Pengeluaran produksi jilid ini juga murah dan metode jilid buku ini perlu pengecekan yang teratur karena prosesnya yang susah. Ada dua jenis pola pelubangan yaitu 2:1 dan 3:1 untuk dokumen besar atau kecil. f. Jilid Velo Jilid velo lebih mahal tetapi memiliki hasil yang sangat mewah. Jilid velo mudah digunakan dan mempunyai opsi 2 pola bolongan yaitu 4-pin dan 11-pin, untuk hasil 4-pin masih bisa diubah, sedangkan hasil 11-pin tidak bisa diubah. Jilid buku ini dapat menjilid hingga 200 atau 250 halaman, membuat hasil sistem jilid ini lebih aman saat berjualan. 2. Sort and Bind Kategori sort and bind atau sortir dan jilid dari metode ini terkadang menggunakan teknik panas atau suhu tinggi, untuk proses penyelesaian menggunakan termal binding/jilid termal. Prosesnya dengan mengambil beberapa susunan kertas lalu masukkan ke punggung (spine) buku selanjutnya masukkan ke mesin pemanas, setelah perekatnya memanas ini akan membuat kertas dan punggung buku lekat tanpa cara melubangi kertas.

Gambar: Contoh Sort and Bind
a. Master Bind/Jilid Master/Channel Bind Metode jilid ini lebih mahal dari kategori punch and bind, lebih teknikal tetapi memiliki hasil yang sangat mengesankan. Jilid master atau master bind dapat bekerja pada hardcover, dapat menjilid hingga 300 halaman tanpa memakai cara pelubangan hanya menggunakan logam dan punggung buku yang disebut penyatu atau channeler. Cover dan punggung buku juga bisa di emboss, sehingga hasil dari luar metode ini terlihat menjepit buku dengan rapi. b. UniBind/Jilid Termal Metode selanjutnya adalah unibind atau biasa disebut jilid termal, sebuah sistem jilid buku yang sangat simple. Memberi kesan profesional karena tidak perlu melubangi media yang akan dijilid sehingga memiliki harga yang lebih mahal. Proses jilid ini dapat ,menjilid 340 halaman dan menggunakan cover kristal bening atau menggunakan cover sesuai keinginan pada punggung buku. c. FastBack/Jilid Isolasi Termal Metode jilid isolasi termal atau fastback ini sangat populer, salah satu jilid buku yang mengesaankan dibagian percetakan tetapi sedikit mahal. Jilid termal ini menggunakan perekat dari isolasi untuk menempelkan pada bagian halaman, agar saat menyatukan lebih cepat tidak perlu pelubangan dan tidak berantakan. Isolasi sering disebut super strips memiliki banyak warna dan jenis polanya, kalian dapat membuat logo kalian sendiri. Jilid isolasi termal dapat menjilid hingga 350 halaman, juga dapat menggunakan cover sesuai keinginan. d. ProBind termal/Jilid Termal Professional Jilid termal professional sama seperti jilid termal lainnya, lebih simpel, mahal dan bisa diubah-ubah. Soft cover dan hardcover dijilid dengan kapasitas maksimum hingga 500 halaman, tidak perlu pembolongan dan hasil sangat rapih dan serbaguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat