Tipe Tipe banner

x-banner-y-banner-l-banner

Kalian sering melihat papan iklan dimana-mana kan, dijalan, di mall, di stadium dan dimana saja. Banyak sebutan untuk papan iklan yang berukuran besar ini seperti spanduk, billboard, baliho dan banner. Kali ini kita akan membahas papas iklan yang bisa di letakkan indoor dan outdoor atau disebut banner.

Banner sering kalian jumpai didalam toko, mall, pagelaran, pameran atau bahkan ditepi jalan raya. Banner adalah media promosi yang umumnya dicetak dengan print digital ini dapat digunakan sebagai sarana informasi, media iklan, atau media brand awareness. Selain itu, Banner dapat juga dipakai berulang-ulang sehingga lebih ekonomis jika dibandingkan media promosi lainnya. Penempatan banner pun bisa dipasang di dalam ruangan atau diletakkan diluar ruangan

Gambar: Contoh Banner

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian banner adalah sebuah pesan atau berita yang menjadi informasi untuk khalayak ramai dan juga menjadi bahasa promosi untuk berdagang yang akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan.

Berikut adalah ciri-ciri banner yang bagus;

  • Berisikan gambar yang terdapat logo suatu komunitas/perusahaan.
  • Bentuk mirip bendera.
  • Iklan berupa pesan ataupun slogan.

Banner merupakan strip panjang dari beragam bahan, walaupun dibanyak kamus atau buku mendeskripsikan banner menggunakan bahan kain, pada masa sekarang banner menggunakan beberapa material yang berbeda dari segi ketebalan, kelembutan dan ketahanan. Vinyl banner dan mesh banner adalah 2 diantara beberapa bahan yang ada. Selain dari segi material atau bahan, banner juga dibedakan dari cara pasang, warna bentuk atau desain. Lalu apa sajakah tipe tipe banner tersebut?

  1. Retractable Banner/Banner Dapat Ditarik

Retractable banner atau atau roll banner, memang semua banner bisa ditarik namun bukan bannernya tetapi pengait bannernya yang dapat ditarik. Tipe roll banner ini sangat populer selain hanya tinggal ditarik saja, roll banner ini juga sangat kuat, mudah dibawa kemana-mana untuk menyiapkan roll banner ini pun tidak memakan waktu yang cukup banyak.

Gambar: Contoh Roll Banner

Roll banner ini cocok digunakan untuk mempromosikan produk karena memiliki ukuran mulai dari ukuram 60 x 160 cm,  80 x 200 cm, 85 x 200 cm, 120 x 200 cm, dan 150 x 200 cm. Bukan hanya ukuran saja yang dapat dipilih, jenis bahan pun dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Jenis bahan roll banner standard yang dapat dipilih adalah flexy korea, flexy china, atau flexy jerman.

2. Portable Banner

Gambar: Contoh Portable Banner

Dari penamaannya saja, portable banner ini bisa dibawa kemana saja, keunggulan dari portable banner ini adalah stylenya. Tipe ini mempunyai 2 desain yaitu tension back/menahan belakang dan telescopic. Perbedaan portable banner dan retracable banner adalah portable banner lebih ekonomis dan juga kuat, selain itu banner tipe ini dapat diletakkan diluar ruangan dan di dalam ruangan.

3. X and Y Banner 

Tipe banner yang terakhir adalah banner X dan Y,dari penamaannya itu bukan banner yang berbentuk X dan Y tetapi penamaan ini datang dari tiang penahan belakang banner yang berbentuk X dan Y. Banner ini merupakan kombinasi dari kedua tipe sebelumnya karena tipe ini juga dapat portable dan jauh lebih kuat dari kedua banner sebelumnya dan juga bisa diletakkan di ruangan luar dan ruangan dalam. Banner ini lebih banyak dipakai karena memiliki ketahanan yang kuat dan dapat mengiklankan bisnis kalian.

Gambar: Contoh X and Y Banner

a. X- Banner

Dinamakan Banner X atau X Banner karena jenis ini ketika memasang menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Banner jenis ini bisa diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Uniknya X banner jenis terletak pada tiangnya yang bisa dipakai berulang-ulang sehingga Anda bisa lebih hemat karena hanya perlu mencetak ulang bannernya saja.

b. Y- Banner

Serupa dengan X Banner, jenis banner ini diberi nama berdasarkan tiang penyangganya yang berbentuk huruf Y. Banner jenis ini memiliki model tiang penyangga yang dapat dipisahkan dari rangkanya. Memiliki alas bagian bawah supaya lebih kuat untuk berdiri.

Namun, promosi menggunakan banner Y sedikit lebih rendah dibandingkan banner X. Ukuran standar jenis ini biasanya 60 x 160 cm.

Sekarang kalian sudah mengerti tipe-tipe banner, bahan apa saja yang digunakan untuk membuat banner kan? Telson.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat