Cara Kerja Paper Folding: Melipat SERIBU Brosur per Jam !!

Apakah kalian pernah memikirkan bagaimana lipatan pada brosur yang banyak bisa begitu rapi? Atau berapa lama kah waktu yang dibutuhkan untuk melipat ribuan brosur yang diedarkan? Jika cetaknya hanya 50 lembar mungkin saja masih bisa dikerjakan manual oleh tangan manusia , tapi jika lebih dari 100 lembar? Mungkin akan menghabiskan waktu dan lama kelamaan hasil lipatan akan tidak konsisten. Oleh karena itu dibutuhkannya mesin lipat.

Gambar: Mesin Lipat telson

Paper Folding Machine / Mesin Lipat adalah alat yang digunakan untuk melipat kertas. Mesin lipat kertas memiliki hasil yang presisi, cocok digunakan untuk melipat brosur, undangan atau lembaran tanpa harus mengukur kertasnya terlebih dahulu. Hanya dengan menempatkan kertas pada papan mesin lipat, lalu mengatur ukuran lipatan yang sudah tersedia, lalu hanya menekan satu tombol maka terlipatlah kertas sesuai dengan hasil lipatan yang diminta.

Keunggulan Mesin Paper Folding digunakan untuk mempercepat pekerjaan melipat dengan macam-macam jenis lipatan, banyak digunakan di industri, percetakan dan lainnya:

  1. Banyak digunakan perusahan produksi brosur, undangan
  2. Presisi dan Cepat
  3. Lebar hasil lipatan terkecil hingga 2cm
  4. mesin ringan dan efisiensi tinggi
  5. Kecepatan dapat diatur

Bagaimana cara kerja mesin  lipat / Paper Folding Machine?

Sebelum proses melipat kertas menggunakan mesin lipat, ada langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Sesuaikan setidaknya 2 struktur lipat untuk mengakomodasi lipatan yang ingin dibuat. Mesin lipat dapat melipat kertas ke berbagai titik. Lipatan yang dipilih tergantung pada ukuran lembar dan  jenis lipatan yang diharapkan
  2. Letakkan kertas diatas papan mesin, pastikan kertas berada ditengah
  3. Setelah semua sudah disiapkan, nyalakan mesin dan mulai melipat

Cara melipat kertas menggunakan mesin lipat:

Sistem melipat dengan mesin memakai pisau lipat dan dua rol

Gambar: Sistem melipat dengan mesin memakai pisau lipat dan dua rol

Cara kerja: Gerakan dua rol yang berputar berlawanan arah, dengan pisau lipat yang ada diatasnya bergerak naik turun. Pisau lipat menjepit lembaran kertas diantara dua rol yang berputar. Beberapa langkah lipat mesin lipat;

  • Melipat satu langkah
  1. Pisau lipat menyelipkan kertas diantara dua rol.
  2. Dua rol yang letaknya sejajar, menyatakan bahwa mesin hanya dapat melipat satu gerak.
  3. Hasil lipat dua gerak.
  • Melipat dua langkah
  1. Kertas dua kali dilipat dengan lipatan saling siku. 
  2. Letak rol lipat yang siku satu sama lain.
  3. Hasil lipat dua gerak.
  • Melipat tiga langkah
  1. Pisau lipat menyelipkan kertas diantara rol – rol lipat langkah pertama, dan seterusnya.
  2. Posisi rol – rol lipat ketiga langkah.
  3. Hasil lipat tiga langkah.
  • Melipat empat langkah

Mesin lipat pisau mempunyai keuntungan dapat melipat semua jenis kertas, khususnya untuk kerja pelipatan isi buku atau blok buku. Hanya saja, lembaran besar atau kecil dilipat dalam tempo yang sama. Sebab, gerak mesin terikat dengan gerak pisau lipat yang bergerak turun naik.

Mesin lipat kantong / tas

Gambar : Mesin lipat kantong / tas

Cara kerja : Lembaran kertas dimasukkan melalui dua rol yang berputar berlawanan arah, ke dalam kantong lipat.

Pada gambar terlihat rol-rol mesin lipat kantong terdapat 4 kantong lipat ditandai dengan huruf A, B, C,D. Posisi tiga kantong tertutup. Pada A, perlipatan satu langkah kertas mencari jalan melalui garis titik-titik, sedangkan rol-rol lipat hanya bersifat sebagai rol angkut. Jika pada B ditempatkan kantong lipat dalam mesin, kertas akan dilipat dua langkah. Begitupun bila C, kantong lipatnya difungsikan akan diperoleh tiga kali lipat, dan seterusnya. Dengan menutup dan membuka kantong, dapat dibuat kombinasi langkah lipat. Tetapi semua lipatan akan berjalan sejajar (parallel). Mesin lipat kantong, gerak di dalam kantong dapat berlangsung lebih cepat, dari pada gerak turun naik pisau lipat yang besar pada langkah pertama mesin lipat pisau. Tetapi, mesin lipat kantong tidak bisa melipat lembaran kertas yang sangat tipis atau lunak disamping itu arah serat serta kekenyalan kertas memegang peranan penting.

Mesin lipat kombinasi = pisau dan kantong

Gambar: Mesin Lipat Kombinasi

Mesin lipat pisau mempunyai keuntungan dapat melipat semua  jenis kertas, karena lembaran besar – kecil dilipat dengan tempo yang sama dan jalannya mesin tetap terikat pada gerak pisau lipat yang naik turun. Mesin lipat kantong bekerja jauh lebih cepat, karena ukuran – ukuran kecil dapat dilipat lebih cepat dari pada yang ukuran besar.

Demikian adalah penjelasan tentang cara kerja lipatan pada mesin lipat. Rekomendasi mesin lipat untuk membantu memudahkan usaha kalian kunjungi telson.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *