Apa Bedanya Kertas Glossy dan Kertas Matte/Doff?

Kalian pasti tahu perbedaan antara kertas doff dan dan kertas glossy? Perbedaan terlihat dari “kilauan” kertas ketika kalian membalik lembar kertas di bawah cahaya.

Artikel kali ini akan melihat lebih jauh perbedaan kedua jenis kertas tersebut untuk membantu kalian membuat pilihan kertas saat mencetak, Maxipro akan membantu mengulas perbedaan fisik dan bagaimana memilih kertas terbaik berdasarkan file yang harus dicetak.

Gambar: Contoh Doff dan Glossy

Perlu kalian ketahui bahwa laminasi adalah proses pelapisan terhadap lempengan tipis berupa kertas pada kedua sisinya dengan efek mengkilat (glossy) dan matte (doff). Mencetak sesuatu biasanya menemukan kertas yang mengkilap dan tidak. Hal tersebut dipengaruhi oleh metode laminasi yang dipakai percetakan, ada 2 jenis laminasi yaitu laminasi glossy dan laminasi doff. Keduanya sangat berbeda bahkan dari hasil cetaknya kalian akan mengetahui yang mana hasil laminasi glossy dan laminasi doff.

Perbedaan dari segi Fisik

Kedua jenis kertas akan terlihat berbeda dan terasa berbeda ketika dipegang/disentuh. Tapi ketika kertas glossy dan kertas matte (doff) diproduksi memiliki kemiripan, bahkan kertas doff menggunakan lapisan kimia yang sama seperti kertas glossy.

Gambar: Contoh kertas Glossy

Kertas glossy adalah kertas yang jika dlihat tampak mengkilap dan ketika dipegang terasa licin, kertas glossy sedikit lebih tipis dari kertas doff. Kertas mengkilap jika ditempatkan ditempat terbuka warnanya akan mudah pudar, untuk itu kertas glossy cocok digabungkan dengan laminasi agar hasilnya elegan, ketika terpantul cahaya kertas glossy dapat membuat silau dan rentan terhadap sidik jari.

Permukaan kertas yang telah dilaminasi glossy menghasilkan permukaan yang licin. Biasanya kertas glossy ini bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama, undangan, brosur, leafleat dan poster. Kesan mengkilap yang ditimbulkan membuat hasil cetakan semakin mewah dan bagus.

Gambar: Contoh Hasil Doff

Kertas matte (doff) adalah kertas yang mudah menyerap tinta dan sangat flexible, kertas doff memiliki tekstur yang tidak mengurangi detail dan warna gambar tujuannya untuk mengurangi pantulan cahaya. Kertas doff memiliki berat yang sama dengan kertas glossy namun kertas doff lebih tebal.

Hasil Laminasi doff ini juga bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama dan undangan pernikahan. Meski kertas matte ini tidak semewah dengan glossy tetapi tetap saja hasil cetakannya sangat bagus. Bila menggunakan kertas doff untuk mencetak kartu nama maka, kartu tersebut nampak terlihat lebih eklusif dan bagus. Itulah keistimewaan kertas doff walau sederhana tetapi tetap menghasilkan cetakan yang mewah.

Selain kertas glossy dan kertas matte (doff), ada juga semi gloss atau satin finish, mungkin ada yang baru mengetahui hal ini. Satin finish seperti campuran glossy dan doff. Memiliki kontras yang standart dan hasil cetak yang memantulkan sedikit cahaya tetapi mendapatkan warna yang cerah. Secara fisik kertas satin finish in memiliki tekstur yang sedikit halus seperti doff dan juga tidak meninggalkan sidik jari.

Penggunaan Laminasi Glossy dan Laminasi Doff

Ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat menggunakan laminasi glossy dan Laminasi doff. Tujuannya agar hasil cetakan semakin bagus dan tidak ada kekurangan apapun. Berikut ini yang harus kalian ketahui tentang penggunaan laminasi glossy dan doff.

  1. Laminasi glossy yang digunakan yaitu bisa lebih baik bila pada 2 sisi bagian kertas. Efek yang ditimbulkan yaitu tidak ada lengkungan dan tintanya sangat pekat.
  2. Saat memutuskan menggunakan laminasi doff maka, harus anda batasi hanya untuk amplop, foto fan undangan. Tujuan pemakaian laminasi tersebut agar efek kasar yang diberikan dapat menahan goresan. Bahkan tidak ada pantulan cahaya sama sekali pada hasil cetakan.
  3. Bila ingin membuat cover buku, maka pergunakan laminasi glossy karena sifatnya mudah ditekuk. Laminasi doff juga bisa tetapi tidak bisa ditekuk dan mudah pecah.
  4. Kedua laminasi yang akan di lapisi dengan menggunakan 2 sisi tidak bisa disatukan menggunakan lem biasa. Ingat penggunaan laminasi glossy dan doff agar hasilnya bagus. gunakan sesuai dengan cetakan yang dibutuhkan.

Bagaimana setelah membaca perbedaan kertas doff dan kertas glossy? Sangat berbeda sekali bahkan perbedaan tersebut terlihat menonjol. Sebaiknya anda memilih laminasi yang bagus dan baik. Penggunaan laminasi juga tergantung kepada kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *