Tips Merawat Pisau Mesin Potong Kertas

mesin-potong-kertas-mesin-potong-manual

Tahukah kalian ketika seseorang menggunakan mesin potong kertas masih manual, perlu kehati-hatian dalam menggunakan mesin potong tersebut. Karena jika posisi memotong tidak pas, tentu kertas yang dipotong bentuknya tidak presisi atau tidak sesuai harapan.

Untunglah saat ini sudah ada mesin potong kertas modern, selain mampu memotong banyak kertas dengan waktu yang cepat, juga mampu meminimalisir kesalahan. Namun kesalahan pada mesin bukan tak mungkin terjadi, akan tetap ada.

Pengertian dari mesin potong kertas itu sendiri adalah mesin yang digunakan untuk memotong kertas, entah itu pada bagian awal penentuan ukuran kertas sebelum pencetakan ataupun setelah pencetakan dengan tujuan merapihkan sisi kertas guna dilanjutkan kepada bagian penjilidan ataupun proses Post Press lainnya.

alat potong kertas sangat membantu pekerjaan orang yang berkecimpung di dunia fotocopy atau percetakan, karena adanya alat potong kertas ini tidak perlu menggunakan gunting atau cutter hanya untuk memotong kertas. Selain itu sangat tidak mungkin jika memotong kertas dengan jumlah banyak menggunakan gunting atau cutter, tentu hasilnya tidak akan profesional dan akan membahayakan jika menggunakan cutter.

mesin potong kertas terbagi atas dua macam yaitu:

  1. Guillotine

Gambar: Guillotine

Mesin potong Guillotine dipergunakan untuk memotong rata bagian tepi buku, diktat, atau memotong kertas sampai dengan tebal 6cm sekaligus.

2.  Paper cutter


Gambar: Papper Cutter

bentuknya lebih kecil dipergunakan untuk memotong lembaran kertas sampai dengan 15 lembar.

Fitur dan Kegunaan Mesin Potong MP490ST

Cara kerja mesin potong kertas

Kertas diletakkan diatas meja/papan kertas dengan bagian yang akan dipotong diletakkan tepat pada alat potong, lalu menekan pisau potong yang berada diatas kertas maka akan kertas akan terpotong tepat pada garis pertemuan mata pisau dan alat potong

Lalu bagaimana agar alat potong kertas tidak cepat rusak dan terawat dengan baik? berikut adalah tips merawat alat potong kertas;

Cara merawat pisau pemotong kertas

Cara merawat alat potong kertas sama seperti merawat mesin lainnya, yaitu perawatan dan pemeliharan yang intensif. Cara perawatan pun kembali pada si pemilik mesin pastinya, apabila rajin memelihara atau merawat maka barang yang dimilikinya pun akan awet. Selain itu dalam perawatan mesin pasti banyak sekali mekanismenya tergantung barangnya serta bagaimana tindakan merawat yang bagus terhadap barang tersebut.

  1. Seluruh permukaan pada bagian mesin selalu dibersihkan dengan kain halus agar tidak kotor dan berkarat. Jangan simpan mesin potong kertas ditempat yang lembab, simpanlah ditempat yang kering.
  2. lumasi secara berkala pada bagian mesin seperti pisau atau lubang-lubang pada mesin agar tidak mudah berkarat, jika rutin melumasi mesin maka bahan-bahan yang terbuat dari besi dan baja tidak akan mudah macet dan berkarat
  3. Apabila pisau pemotong tersebut sudah tidak tajam lagi, kalian bisa mengasahnya seperti mengasah gunting.
  4. Hindari memotong kertas yang ada isi staplesnya. Ini akan berakibat fatal untuk alat potong kertas, jika mata pisau mengenai staples maka mata pisau akan cacat dan untuk menghilangkannya perlu mengasahnya lagi. Maka perlu kehati-hatian dan sebaiknya dicek terlebih dahulu bagian kertas yang akan dipotong.
  5. Jangan memotong selain kertas dan plastik. Selain untuk memotong kertas, alat potong kertas juga bisa digunakan untuk memotong plastik seperti plastik mika atau plastik laminating.

Demikianlah tips dari kami cara merawat alat potong kertas untuk usaha jasa percetakan kalian. Semoga tulisan ini bermanfaat, dapatkan ulasan lain dari Telson.id kalian akan mendapat artikel lain seputar percetakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat