Tipe-Tipe Kertas Foil

Metalic Foil 2

Kalian ingin undangan pernikahan kalian terlihat mewah? Apakah kalian mengetahui teknik yang digunakan? Dan material apa yang dipakai? Undangan dengan tulisan mengkilap menggunakan teknik Hotprint atau biasa disebut dengan tinta emas. Namun bukan berarti terbuat dari tinta emas sungguhan, tinta emas hanya sebuah sebutan untuk memudahkan pemesan undangan dengan pembuat undangan, karena banyak yang asing dengan kata-kata hotprint.

Gambar: Kertas Aluminium foil

Bahan pembuat tinta emas untuk teks tersebut dinamakan foil. Foil ini juga tidak terlalu populer oleh dikalangan orang awam percetakan. Sehingga jarang yang menggunakan ini. Namun foil ini akan dapat memberikan kesan yang sangat berbeda ketika bahan dasar yang digunakan berwarna coklat muda dan memiliki tekstur.

Aluminium foil tidak hanya digunakan untuk undangan tapi juga bisa diterapkan antara lain :

  • Industri Graphic Art seperti kartu ucapan, kemasan, shopping bags, label, business cards dan produk berbahan dasar kertas lainnya.
  • Alat-alat tulis seperti pensil dan pen.
  • Industri plastic moulding seperti kartu plastic, bangles, sisir, jam dinding, kosmetik, kompartemen elektronik dan produk plastik lainnya yang dibuat dari PP, PS, ABS, PVC.
  • Produk furniture seperti bingkai kayu, medium density fiber board.
  • Produk kulit sintetis seperti sampul buku, lapisan sepatu, jaket.
  • Tekstil.

Kertas foil emas terdiri berbagai macam warna warna yang mengkilau, jenis kertas saat ini meliputi metallized gold, silver, dan metallic colors, pigments (flat, semi-gloss and gloss) multi-colors, woodgrain dan marble effects, brushed finishes, chrome, leather look, clear, pearlescents dan holographic. Dari tipe tipe foil terdapat 4 jenis kertas foil yang banyak digunakan yaitu :

  1. Metallic Foil/Foil Metalik
    Foil metalik adalah kertas foil yang paling umum dan juga banyak digunakan orang. kertas foil ini terlihat seperti warna metalik karena pantulan cahayanya seperti , melihat pantulan cahaya pada besi murni baja. Foil metalik juga mempunyai variasi warna seperti warna metal yaitu silver, gold, copper dan bronze, Juga warna kuning, hijau, merah dan biru.
  2. Pigment Foils
    Untuk pigment foil memiliki kasus sedikit unik karena kertas foil ini seperti matte dan gloss, namun juga tidak mendekati seperti matte dan gloss dan memiliki warna metalik. Penggunaan pingment foil ini lebih utama digunakan ke grafik desain, proses ini dimana media tidak dicetak tapi membutuhkan tekstur, contoh pembuatan box hitam akan penamaan produknya akan dilabeli menggunakan pigment foil.
  3. Pearl Foils
    Pearl foil ini memiliki tekstur transparan atau tembus cahaya dan menjadi salah satu keunikannya ialah tampak seperti warna mutiara. Kertas foil ini pada umumnya digunakan pada undangan, pearl foil ini memberi warna cukup bagus, keutamaan foil ini memberi elemen kecerahan pada desain.
  4. Holographic Foils
    Untuk Holographic foil ini mempunyai efek pelangi yaitu ketika dipancarkan ke cahaya maka seperti efek pelangi seperti dibelakang CD dan DVD. Holographic foil mempunyai banyak pola ketika dipancarkan cahaya, bukan hanya pelangi saja tetapi ada dot pelangi dan bintang campur pelangi.

Itu tadi adalah tipe-tipe kertas foil yang digunakan untuk memperindah hasil produk dibagian finishing. Untuk info percetakan lebih lengkap kunjungi wesb kami Telson.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat