4 Software Desain Grafis Untuk PC Yang Paling Banyak Digunakan

software-desaign-696x348

Apakah kalian memiliki jiwa seni dengan rasa penasaran yang tinggi? Di era digital sekarang ini, banyak sekali media untuk belajar desain grafis dengan lebih muda. Desain Grafis berasal dari penggabungan dua kata yaitu desain dan grafis. Desain adalah proses membaut atau pengatur hal yang berhubungan dengan merancang atau merencanakan, sedangkan grafis adalah cetak mencetak yang berhubungan erat dengan garis. Sehingga desain grafis adalah kombinasi yang selaras antara kalimat, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan kinerja individu untuk menggabungkan efek yang dibutuhkan.

Gambar: Ilustrasi Pengguna Software

Desain grafis adalah cabang ilmu yang berasal dari seni desain yang menggunakan bantuan komputer untuk melakukan kegiatan. Desain grafis merupakan aktivitas atau pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas serta imajinasi yang kuat. Seiring perkembangan zaman, desain grafis sekarang sudah menjadi bagian kehidupan bagi mereka yang menggeluti aktivitas atau pekerjaan sebagai desainer.

Berkaitan dengan pengertiannya, desain grafis melibatkan media untuk menunjukkan hasil yang dibuat yaitu komputer atau laptop. Ada beberapa software yang sering digunakan oleh para desainer, jika banyak yang menggunakan berarti mereka menganggap software tersebut mudah digunakan. Berikut adalah 4 Software yang sering digunakan;

 

  • Adobe Photoshop

 

Adobe Photoshop adalah sebuah software yang digunakan untuk memperbaiki dan memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi memperbaiki  obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun.

Gambar: Logo Adobe photoshop

Adobe photoshop merupakan salah satu tool desain  yang banyak digunakan, karena penggunaanya yang tidak terlalu susah juga memiliki fasilitas yang lengkap tanpa harus menggunakan hak milik (full license) dan juga dapat digunakan walaupun dalam mode offline.

Keunggulan dari Adobe photoshop adalah software ini dapat digunakan oleh pemula hingga profesional editor karena memiliki semua yang dibutuhkan, berfungsi untuk edit video dan animasi layer yang juga mudah saat menggunakan imported files serta format files juga dapat digunakan ke program lainnya.

 

  • CorelDraw

 

Selain photoshop ada juga software yang berimbang dengan photoshop yaitu coreldraw. Coreldraw adalah sebuah software / program aplikasi komputer yang rancang khusus untuk keperluan desain grafis terutama untuk keperluan editor grafik vektor.

Gambar: Logo CorelDraw

Coreldraw juga memiliki visual desain yang cukup banyak seperti photoshop, kelebihan dari software ini banyak yang menggunakannya untuk desain logo dan gambar animasi, karena mempunyai faisilitas garis vektor yang bagus dan juga coreldraw ini tidak hanya digunakan untuk percetakan saja namun juga dapat digunakan sebagai kategori percetakan 3D.

Software coreldraw ini memang software untuk laptop atau komputer yang mudah sekali, tidak terlalu rumit menurut desainer handal. Jadi software ini cocok untuk para pemula yang ingin menggeluti bidang desain grafis.

 

  • Adobe Illustrator

 

Adobe Illustrator adalah aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor, dimana aplikasi ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe System.

Gambar: Logo Adobe Illustrator

Memang banyak sekali software hasil buatan adobe yang sangat mudah penggunaannya dalam hal desain grafis, namun untuk adobe illustrator ini lebih memiliki keunggulan dalam membuat vektor. sepertihalnya corel dan photoshop, illustrator ini juga berfungsi sebagai alat pembuat, pendesain, pengedit gambar. Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, dimana gambar tersebut akan tetap bagus walaupun dilakukan proses zooming atau scaling (diperbesar). Software ini juga sering digunakan pada artis yang sering membuat vektor serta animasi.

 

  • Adobe InDesign

 

Adobe InDesign adalah software yang dikeluarkan dan diproduksi perusahaan yang sama seperti adobe photoshop dan adobe Illustrator yaitu Adobe Systems.

Gambar: Logo InDesign

Adobe indesign merupakan salah satu dari ketiga adobe yang juga ternama. Indesign mempunyai ciri khas yang sama seperti adobe photoshop tetapi indesign ini lebih banyak digunakan untuk membuat flyer, poster, majalah, buku dan koran juga dapat membuat publikasi digital.

Itulah beberapa software yang sering digunakan untuk keperluan desain grafis, masih banyak software-software yang berkembang sekarang, di artikel ini kami hanya membahas yang sudah banyak penggunanya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *